DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGELOLAAN BANK SAMPAH UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN SUNGAI MIAI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:WAHYUNING MINAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-13


 

Wahyuning Minawati (2020). Pengelolaan Bank Sampah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara. Pembimbing : Dr. Dewi Rahayu, SE,MP.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan bank sampah di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara serta mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan bank sampah di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang membantu dalam melengkapi data penelitian, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.

 

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan bank sampah cukup efektif dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat yang aktif dan pengurus bank sampah, tetapi kurang efektif bagi masyarakat atau ibu rumah tangga biasa. Masyarakat yang aktif yaitu mereka yang mendapat hasil sampah tidak hanya dari rumah tangga, tetapi dari usaha yang mereka miliki sehingga sampah yang dihasilkan cukup banyak. Dalam pemberdayaan masyarakat berlangsung proses belajar yang dilakukan secara bertahap mencapai kemandirian ada 3 tahap yaitu tahap penyadaran, tahap transformasi kemampuan dan tahap peningkatan kemampuan intelektual yang dilakukan melalui kegiatan  sosialisasi dan pelatihan yang dilakukan oleh bank sampah.

 

            Beberapa hambatan yang terjadi dalam penelitian ini terdapat bank sampah yang kurang aktif sehingga membatasi peneliti dalam mendapatkan informasi dan juga informan biasa yang sedikit memberikan informasi dan juga informan yang kurang terbuka. Bank sampah untuk saat ini menjadi wadah masyarakat dalam menampung sampah yang masih bisa dimanfaatkan dan memberikan keuntungan. Diharapkan untuk masa yang akan datang program bank sampah dapat berkembang dan dapat menampung sampah yang dibuang sia-sia tanpa adanya nilai ekonomis.

 

 

 

Kata Kunci : Pengelolaan, kesejahteraan masyarakat, pemberdayaan masyarakat.

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI