DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai-Nilai Religi dan Sosial Dalam Tradisi Manopeng Pada Masyarakat Banyiur Kelurahan Basirih Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin Tahun 2010-2020
PENGARANG:MUHAMMAD FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-13


Tradisi Manopeng di Banyiur, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin. Merupakan satu-satunya tradisi topeng yang masih dilaksanakan sampai sekarang di Kota Banjarmasin. Tradisi ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Tetapi, yang menjadi pertanyaan apakah keluarga juriat Datu Mahbud dan masyarakat mengetahui nilai religi dan sosial yang ada dalam Tradisi Manopeng atau hanya sekedar melaksanakan saja. nilai religi dan sosial dalam Tradisi Manopeng di Banyiur menarik untuk diteliti secara lebih mendalam untuk mengetahui nilai religi dan sosialnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Sejarah Tradisi Manopeng di Banyiur, Proses Pelaksanaan Tradisi Manopeng, dan Mengidentifikasi Nilai Religi serta Nilai Sosial yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sejarah yang terdiri dari Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Tahap pertama yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Heuristik, tahap pengumpulan data. Baik itu data primer maupun data sekunder. Sedangkan sumber data didapatkan melalui 3 hal, yaitu sumber lisan yang didapatkan dari hasil wawancara, sumber tertulis atau dokumen peneliti dapatkan dari skripsi, tesis, buku dan jurnal, dan juga sumber benda yang didapatkan peneliti saat melihat perlengkapan pelaksanaan Tradisi Manopeng seperti Topeng, Pakaian, dan perlengkapan lainnya. Setelah data terkumpul, dilakukan tahap berikutnya yaitu Kritik, baik itu kritik eksternal dan kritik internal. Tahap selanjutnya yaitu Interpretasi dan tahap yang terakhir yaitu Historiografi atau penulisan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi Manopeng di Banyiur telah dilaksanakan kurang lebih selama 150 tahun. Proses pelaksanaannya dilaksankan pada bulan muharam dan hanya pada malam senin serta dilaksankan pada malam hari hingga subuh. Tradisi Manopeng yang dilaksanakan di Banyiur terdapat nilai religi dan nilai sosial

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Tradisi Manopeng yang dilaksanakan di Banyiur Kota Banjarmasin Tahun 2010-2020 terdapat nilai religi dan nilai sosial.

 

 

Kata Kunci : Tradisi Manopeng, Nilai Religi, dan Nilai Sosial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI