DIGITAL LIBRARY



JUDUL: Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Pop-Up Book Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda untuk Siswa Kelas V SDN Tamban Raya Baru Barito Kuala
PENGARANG:AHMAD NAWAWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-14


Tingkat pemahaman siswa tergantung dari kualitas guru dalam proses belajar dan pembelajaran. Salah satu penyebab rendahnya pemahaman siswa adalah kurangnya penggunaan media dalam proses belajar dan pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran akan mempermudah Guru dalam menyampaikan materi dan siswa akan lebih memperhatikan materi yang dipelajari. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media Pop-Up Book yaitu sebuah buku yang dilengkapi dengan gambar yang muncul ketika halaman dibuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Pop-Up Book materi sifat dan perubahan wujud benda untuk siswa kelas V SDN Tamban Raya Baru Barito Kuala yang layak digunakan dalam proses belajar dan pembelajaran.

Penelititan ini merupakan penelitian R&D dan menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 6 tahapan yaitu penelitian, perencanaan, pengembangan produk awal, uji ahli dan pengguna produk, revisi dan hasil produk. Hasil penelitian pengembangan media pop-up book materi sifat dan perubahan wujud benda memperoleh hasil yaitu: ahli media 3,93 kategori layak, ahli materi 4,69 kategori sangat layak, dan uji pengguna produk (uji satu-satu) 0,88 kategori layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis pop-up book materi sifat dan perubahan wujud benda layak untuk digunakan. Penelitian ini bisa dilanjutkan oleh peneliti selanjutnya untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran IPA berbasis pop-up book dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI