DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik pada Konsep Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMA
PENGARANG:NIDA LESSY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-15


ABSTRAK

Pendidikan abad ke-21 menuntut keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pendidikan juga dituntut menciptakan generasi yang terampil menggunakan teknologi. Lembar Kerja Peserta Didik elektronik merupakan inovasi perangkat pembelajaran untuk mempermudah peserta didik dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD elektronik. Metode penelitian menggunakan desain Evaluasi Formatif Tessmer, melalui tahapan 1) evaluasi diri; 2) uji pakar; 3) uji perorangan; dan 4) uji kelompok kecil. Subjek uji pakar terdiri dari 2 dosen pembimbing dan 1 guru Biologi jenjang SMA, subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas X SMA dan subjek uji kelompok kecil adalah 4 orang peserta didik kelas X SMA. Data diperoleh dari instrumen penelitian berupa lembar penilaian validitas, kepraktisan isi, kepraktisan harapan, dan keefektifan harapan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) validitas LKPD elektronik berdasarkan hasil validasi memiliki skor rata-rata 3,83 dengan kategori valid; 2) kepraktisan isi LKPD elektronik berdasarkan respon peserta didik memiliki skor rata-rata 3,75 dengan kategori baik, kepraktisan harapan LKPD elektronik berdasarkan respon peserta didik memiliki persentase 98,21% dengan kategori sangat baik; dan 3) keefektifan LKPD elektronik berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis memiliki kategori sangat baik pada keterampilan interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan eksplanasi, serta memiliki kategori baik pada keterampilan pengaturan diri.

Kata kunci: penelitian pengembangan, LKPD elektronik, keanekaragaman hayati

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI