DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI "AMPLANG ISTIMEWA" DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SWARGA, MARTAPURA
PENGARANG:HERLINA WULANSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-15


PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI “AMPLANG ISTIMEWA”

DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SWARGA, MARTAPURA

 

 

Herlina Wulansari

(Universitas Lambung Mangkurat)

 

ABSTRAK

Peran Harga Pokok Produksi bagi para pengusaha dalam menentukan nilai jual dasar dari sebuah produk sangatlah penting. Selain itu, Harga Pokok Produksi dapat menentukan kisaran besar atau kecilnya keuntungan yang akan didapat.

Sasaran dalam penelitian ini adalah UMKM Swarga Produksi Amplang Istimewa, usaha ini bergerak dibidang kuliner berupa cemilan kerupuk yang berbahan baku ikan tenggiri dan memiliki cita rasa khas ikan dan rempah saat dimakan. Masalah yang didapat pada objek penelitian tersebut yaitu produsen masih belum menghitung seluruh unsur beban yang telah dikeluarkan saat proses produksi secara rinci, produsen terfokus pada bahan baku, tenaga kerja langsung serta belum menghitung seluruh unsur beban overhead pabrik. Sehingga tidak sesuai dengan hitungan yang telah dibuat oleh peneliti, dengan begitu penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kekeliruan dalam mengestimasi harga pokok produksi dan menghasilkan nilai jual yang lebih tepat pada UMKM Swarga Produksi Amplang Istimewa.

 

Kata Kunci: Penentuan harga pokok produksi (HPP), Akuntansi Keuangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI