DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INVESTASI,TENAGA KERJA DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI WILAYAH PEMBANGUNAN TIGA KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ANISAURROHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-15


Adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi merupakan tantangan perekonomian suatu negara baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Pembangunan di Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru yang berlangsung secara menyeluruh dan berkesinambungan akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Pertumbuhan ekonomi diketiga kabupaten ini dari tahun 2014-2019 secara persentase berada dibawah pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Selatan yang mengalami pertumbuhan ekonomi tertinggi pada tahun 2017 yakni sebesar 5,28% dan terendah pada tahun 2015 yakni 3,82%. Rata-rata pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru dari tahun 2014-2019 adalah sebesar 3,91%. Mengalami pertumbuhan ekonomi terendah sama-sama pada tahun 2015. Tanah laut dan tanah bumbu memiliki struktur ekonomi yang hampir sama. Sementara Kabupaten Kotabaru memiliki sedikit perbedaaan dari kedua kabupaten tersebut.

Investasi di wilayah pembangunan tiga selalu mengalami kenaikan setiap tahun jumlahnya. Dari data yang ditampilkan BPS pada ketiga kabupaten tersebut jumlah tenaga kerja juga selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pengeluaran pemerintah setiap tahun mengalami kenaikan, namun pertumbuhan ekonomi ada yang mengalami kenaikan, penurunan bahkan sama setiap tahunnya. Karena itulah perlu analisa lebih dalam tentang pengaruh ketiga hal tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Menggunakan data sekunder berupa data panelyang berasal dari BPS (Badan Pusat Statistik) masing-masing pemerintah daerah. Yakni berupa data dari tahun 2014-2019 untuk data pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja dan pengeluaran pemerintah. Sedangkan untuk data investasi menggunakan data tahun 2013-2018. Kemudian data yang diperoleh dilakukan pengujian asumsi klasik. Setelah memenuhi syarat asumsi klasik maka dilakukan analisa data dan penarikan hipotesis dari persamaan regresi linier berganda menggunakan: uji koefisien determinasi, uji pengaruh simultan dan uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah Pembangunan tiga. Secara parsial semua variabel berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah pembangunan tiga. Variabel investasi menunjukkan arah hubungan negatif sedang kan variabel pengeluaran pemerintah dan tenaga kerja menunjukkan arah hubungan positf.

 

Kata kunci: investasi, tenaga kerja, pengeluaran pemerintah, pertumbuhan ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI