DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN APARATUR DESA TERHADAP PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI DESA DANDA JAYA KECAMATAN RANTAU BEDAUH KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:PANJI NAJMUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-15


 

Penelitian ini berjudul Peran Aparatur Desa terhadap Program Kampung Iklim di Desa Danda Kecamatan Rantau Bedauh Kabupaten Barito Kuala. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan Aparatur Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Bedauh Kabupaten Barito Kuala terhadap Program Kampung Iklim. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri atas 1 orang informan kunci, yaitu Kepala Desa dan 5 orang informan pendukung, yaitu 1 Sekretaris Desa, 2 Kepala Seksi, dan 2 Ketua RT. Analisis data mulai dilakukan pada saat pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Aparatur Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Bedauh Kabupaten Barito Kuala telah menjalankan ProKlim dengan baik dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat, melaksakan pengendalian kekeringan, banjir dan longsor, peningkatan ketahanan pangan, dan pengendalian penyakit terkait iklim.

Kata Kunci: Peran, Aparatur Desa, Program Kampung Iklim

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI