DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kisah Sukses Dua Pedagang Pentol di Pasar Ramayana Sentra Antasari Banjarmasin
PENGARANG:Fivit Norfitri Liana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-15


 

Fivit Norfitri Liana, 2020. Kisah Sukses Dua Pedagang Pentol di Pasar Ramayana Sentra Antasari Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosioal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Nasrullah, Pembimbing (II) Laila Azkia.

Kata Kunci: Strategi, Mempertahankan Usaha, Kisah Sukses.

Pentol merupakan salah satu jajanan yang banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Di kota Banjarmasin sangat mudah ditemui pedagang pentol, baik yang berdagang secara berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, atau yang hanya duduk ditempat berdagangnya dan pembeli yang akan datang menghampiri.Salah satu tempat yang banyak ditemui pedagang pentol adalah Pasar Ramayana Sentra Antasari Banjarmasin. Di sini terdapat dua pedagang pentol yang sukses, pentol yang  dijual oleh kedua pedagang ini paling diminati oleh pembeli. Kedua pedagang pentol ini sudah 10 tahun berdagang pentol, dan masih aktif berdagang hingga sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kisah sukses kedua pedagang pentol ditengah semakin banyaknya pesaing.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive, yaitu memilih orang yang dianggap mempunyai pengetahuan terhadap objek yang diteliti yaitu pedagang pentol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kisah sukses kedua pedagang pentol yaitu dengan mempertahankan cita rasa, mempertahankan kualitas dan memberikan pelayanan yang baik; (2) faktro-faktor yang mempengaruhi etos kedua pedagang pentol ini yaitu agama, kondisi lingkungan geografis dan motivasi intrinsik.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada para pedagang pentol di Pasar Ramayana Sentra Antasari Banjarmasin hendaknya terus berkreasi dengan dagangan mereka, menciptakan variasi baru dengan pentol yang mereka jual agar pelanggan tidak bosan dengan sajian pentol yang itu-itu saja. Dan selain berdagang di Pasar Ramayana Sentra Antasari Banjarmasin, para pedagang pentol ini bisa membuka cabang di tempat lain untuk menjangkau pembeli yang lebih luas. Sehingga pentol yang mereka jual semakin dikenal oleh masyarakat. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI