DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Sawah Di Desa Gambah Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah
PENGARANG:M.RIZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-15


M. Rizki (2020), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Sawah Di Desa Gambah Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Pembimbing: Drs. H. Rusdiansyah, MP.

 

            Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) pengaruh biaya benih, biaya pupuk, biaya sewa lahan dan biaya tenaga kerja terhadap pendapatan petani padi sawah di Desa Gambah Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. (2) Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan petani padi sawah di Desa Gambah Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

 

            Ruang lingkup dalam penelitian ini, yaitu di Desa Gambah Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara serta angket (Kuesioner) dengan responden berjumlah 69 pemilik usahatani padi sawah. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis regresi berganda yang akan diuji melalui secara simultan (uji F) dan secara parsial (uji T) dengan bantuan software SPSS versi 21.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa secara simultan, variabel bebas (independen) seperi biaya benih, biaya pupuk, biaya sewa lahan, dan biaya tenaga kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (dependen) yaitu pendapatan petani padi sawah sedangkan secara parsial, variabel biaya benih, biaya sewa lahan, dan biaya tenaga kerja berpengaruh terhadap pendapatan petani padi sawah sedangkan untuk variabel biaya pupuk tidak berpengaruh terhadap pendapatan petani padi sawah. Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan petani padi sawah adalah biaya sewa lahan.

 

 

Kata Kunci : Biaya Benih, Biaya Pupuk, Biaya Sewa Lahan, Biaya Tenaga Kerja, Pendapatan Petani Padi Sawah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI