DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERAMPILAN KOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 7 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMAD MEIDY SYURBAKTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-15


ABSTRAK

 

 

Muhamad Meidy Syurbakti, (1710111110009). 2021. Keterampilan Kolaborasi dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Skripsi. (Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum).

 

Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai bagaimana kesiapan peserta didik dalam bersaing secara sehat di abad 21 yang sudah dimanjakan dengan kecanggihan teknologi. Keterampilan abad 21 terdiri atas keterampilan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis serta keterampilan kreativitas dan inovatif. Penelitian ini difokuskan oleh peneliti kepada keterampilan kolaborasi yang dimiliki oleh peserta didik. Permasalahan yang muncul dalam hal ini berupa, kurangnya kerja sama peserta didik terhadap rekan belajarnya untuk memecahkan sebuah masalah. Kurangnya kerja sama dalam proses pembelajaran akan menimbulkan sifat individualis peserta didik yang berubah menjadi ego dan ingin menang sendiri. Hadirnya keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran sejarah, diperuntukan untuk melatih sikap kerja sama peserta didik dan bagaimana rasa menghargai terhadap sesama serta kepada guru.

Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan sebuah deskripsi ilmiah tentang keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti diantaranya observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi.

Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan; (1) guru membuat perencanaan pembelajaran dengan baik, (2) penerapan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 dijalankan dengan baik, meski terdapat beberapa kendala saat pelaksanaan tetapi bisa diatasi oleh guru, (3) keterampilan kolaborasi yang diterapkan oleh guru terhadap peserta didik diperhatikan oleh peneliti berdasarkan beberapa indikator yakni kerja sama kelompok, menghargai perbedaan pendapat serta rasa tanggung jawab dan (4) pada tahap akhir pembelajaran guru melakukan sebuah refleksi pembelajaran dan evaluasi berbetuk soal atau karya kesejarahan.

 

Kata kunci: Keterampilan Kolaborasi, Pembelajaran Sejarah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI