DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERLINDUNGAN HUKUM DEBITUR TERHADAP LELANG OBJEK JAMINAN
PENGARANG:M. RIZKY NOOR SATRYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-15


 

 Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Perlindungan hak-hak Debitur yang jaminan di Lelang oleh badan lelang yang dimohonkan oleh kreditur yang nilai lelang tidak sesuai harga yang wajar.

Sedangkan kegunaan untuk menambah wawasan kita dalam hal Lelang jaminan bank terhadap jaminan Debitur kredit macet untuk dilelang dari hak tanggungan   berupa tanah dan rumah oleh Penjual/Bank kepada badan lelang atau pejabat lelang sudah sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan dan tidak merugikan hak Debitur. Apabila  pihak bank dalam  penjualan Lelang dengan nilai tinggi dan sesuai harga yang wajar dan maksimal maka  dapat melindungi hak Debitur yang jaminannya dilelang apabila ada kelebihan penjualan Lelang dapat dikembalikan ke debitur . Hal ini terwujud apabila dari penilaian dan penjualan lelang dengan itikad baik sehingga menghindari Gugatan Pembatalan Lelang dan upaya hukum lainnya dari debitur.

Sebagai pengetahuan bagi masyarakat tentang proses lelang yang transparan dan terbuka untuk umum sehingga tidak  menimbulkan permasalahan hukum karena baik Debitur maupun Kreditur dengan itikad baik menggunakan harga yang riil dan harga yang maksimal dalam proses lelang jaminan bank.

Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian hukum normatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka berupa sumber Primer dan sumber sekunder serta menekankan pada ilmu hukum, disamping itu juga berusaha menelaah kaidah-kaidah hukum    yang berlaku dalam masyarakat, dengan cara menguji dan mengkaji secara yuridis mengenai permasalahan yang diteliti dengan peraturan  atau  ketentuan-ketentuan  yang  lalu  dan saat ini diberlakukan, agar mendapatkan gambaran yang jelas tentang masalah yang di teliti dalam skripsi ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI