DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:AKHMAD SYARIF HELWANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-15


Akhmad Syarif Helwani (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi jumlah penduduk miskin di Provinsi Kalimantan Selatan. Pembimbing Drs. H. Rusdiansyah, MP.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel produk domestik regional bruto, jumlah pengangguran, upah minimum regional, indeks harga konsumen, dan jumlah penduduk terhadap jumlah penduduk miskin di Provinsi Kalimantan Selatan secara simultan dan parsial dan variabel apa yang paling dominan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dalam kurun waktu 20 tahun (2000-2019) dengan alat analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan secara simultan seluruh variabel bebas; produk domestik regional bruto, jumlah pengangguran, upah minimum regional, indeks harga konsumen, dan jumlah penduduk berpengaruh signifikan terhadap jumlah penduduk miskin, secara parsial diketahui variabel jumlah pengangguran dan jumlah penduduk berpengaruh signfikan dan menunjukkan hubungan positif terhadap jumlah penduduk miskin, variabel upah minimum regional berpengaruh signifikan dan berhubungan negatif terhadap jumlah penduduk miskin. Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi jumlah penduduk miskin di Provinsi Kalimantan Selatan adalah jumlah penduduk.  
Kata Kunci: Jumlah Penduduk Miskin, Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Pengangguran, Upah Minimum Regional, Indeks Harga Konsumen, Jumlah Penduduk.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI