DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMUNITAS SOPIR IKATAN DRIVER URANG BANUA (I.D.U.B) DESA JEMBATAN MERAH KECAMATAN PADANG BATUNG KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:ANNISA REZKYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-16


ABSTRAK

Annisa Rezkyana, 2021. Komunitas Sopir Ikatan Driver Urang Banua (I.D.U.B) Desa Jembatan Merah Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Laila Azkia (II) Syahlan Mattiro.

Kata kunci: Kelompok sosial, Kesadaran Kolektif, Prinsip Moral

Kelompok adalah sekumpulan individu yang memiliki perasaan senasib, sehingga perasaan yang satu dapat dirasakan oleh anggota lain. Ketergantungan ini memang berbeda antara satu anggotadengananggotalainnya. Kesetiakawanan dan keprihatinan yang ditunjukkan sebagai sesama anggota kelompok sangat menonjol, kestiakawanan yang terlihat seperti rasa tanggung jawab yang harus diberikan antar sesama anggota kelompok dan sesama sopir atau pengendara mobil truk.Penting kiranya untuk mengkaji lebih dalam tentang kesadaran kolektif dan prinsip moral komunitas sopir.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (I) Untuk mengetahui bagaimana cara membangunkesadarankolektifdalamkomunitasIkatan Driver UrangBanua (I.D.U.B) di Desa Jembatan Merah. (II) Untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip moral dalam komunitas Ikatan Driver Urang Banua (I.D.U.B) Desa Jembatan Merah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposif sampling. Adapun informan yang dipilih yaitu ketua komunitas satu orang, koordinator wilayah kandangan dua orang dan empat orang anggota komunitas I.D.U.B. pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, waawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian dilakukan dari bulan November 2019 sampai Februari 2020.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesadaran kolektif dalam komunitas I.D.U.B kelompok ini berfungsi sebagai pembentuk perasaan terhadap komunitas melalui sikap saling berbagi informasi dan tolong menolong yang membuat mereka bangga dengan identitas mereka sebagai anggota komunitas I.D.U.B. memiliki bentuk paksaan pada anggota untuk menaati setiap aturan dalam komunitas. Prinsip sikap baik dapat dilihat dari sikap positif mereka sebagai anggota. (2) Penerapan prinsip moral dalam komunitas sikap mereka dapat dilihat dari sikap positif dan kesetiaan mereka sebagai anggota komunitas. Keadilan setiap anggota komunitas ketika memperlakukan orang lain dengan sikap yang sama tanpa memandang apapun. Sikap hormat sebagai anggota komunitas ketika seseorang dapat memberikan sesuatu yang bernilai pada dirinya seperti rasa percaya diri dan bangga mereka yang semakin kuat ketika mereka sudah menjadi anggota komunitas. Dengan adanya kajian yang mendalam tentang masalah ini maka akan diketahui tentang hal yang memperkuat solidaritas berupa kesadaran kolektif dan peran prinsip moral dalam komunitas sopir Ikatan Driver Urang Banua (I.D.U.B).

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan: (1) kepada komunitas sopir khususnya Ikatan Dirver Urang Banua (I.D.U.B) untuk meningkatkan kegiatan dengan mengadakankegiatan rutin yang bersifat mendidik moral anggota komunitas agar menjadi driver yang bermoral dengan sikap yang baik. (2) Bagi perguruan tinggi, penelitian mengenai komunitas sopir khususnya Ikatan Driver Urang Banua (I.D.U.B) dillihat masih kurang. Sehingga disarankan kepada peneliti lain agar lebih meningkatkan minat dalam penelitian mengenai komunitas sopir. Penelitian selanjutnya bisa menggali lebih dalam terkait komunitas sopir yang sekarang semakin pesat perkembangan serta persaingannya sehingga mendapat gambaran dan pengetahuan baru mengenai fenomena keberadaan mereka.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI