DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DIKOMBINASIKAN MODEL SQ4R DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VA SDN SUNGAI ANDAI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:MARDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-16


 

ABSTRAK


Mardiana, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Statistika Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan Model Survey, Question, Read, Recite, Review, Reflect (SQ4R) dan Snowball Throwing pada kelas VA SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Matematika, Statistika, Model Team Assisted Individualization (TAI), Survey, Question, Read, Recite, Review, Reflect (SQ4R), Snowball Throwing.

 

Permasalah dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan pada matematika materi Statistika sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena siswa tidak terbiasa berpikir kritis, siswa belum memahami konsep dasar matematika terutama pada (perkalian dan pembagian), kurangnya siswa dalam mengulang kembali pembelajaran yang sudah dipelajari saat dirumah dan siswa tidak terbiasa menggunakan sifat operasi hitung sehingga untuk menggunakan konversi pun anak belum bisa. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakanmodelTeam Assisted Individualization (TAI)Kombinasi denganSurvey, Question, Read, Recite, Review, Reflect (SQ4R)dan Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru,aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi Statistika.

Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SDNSungai Andai 3 Banjarmasindengan jumlah 37 siswa, 19 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengambilan data dengan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa,untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan tes tertulis di akhir pembelajaran. Indikator keberhasilanaktivitas guruapabila mencapai skor ≥36 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai ≥70%siswaberada pada kriteria Aktif dan Sangat Aktif,hasil belajardianggap tuntasapabilasecara klasikal mencapai ≥70%siswa memperoleh nilai ≥65.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan terakhir meningkat menjadi Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan terakhir berada pada kriteria Sangat Aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pertemuan terakhir terlihat mencapai ketuntasan secara klasikal .
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI)Kombinasi denganSurvey, Question, Read, Recite, Review, Reflect (SQ4R)dan Snowball Throwing, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran matematika tentang materi Statistika di kelas VA untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI