DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Modul Getaran Gelombang dan Bunyi Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 9 Banjarmasin
PENGARANG:WANDA AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-16


Kurangnya sikap karakter yang dimiliki siswa pada proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar, sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan: keterlaksanaan RPP, hasil belajar siswa dan pencapaian karakter kayuh baimbai. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus,penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII G SMP Negeri 9 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Data diperoleh melalui observasi, tes hasil belajar dan lembar penilaian karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterlaksanaan RPP meningkat yaitu pada siklus I diperoleh skor rata-rata 3,53 menjadi 3,82 pada siklus II dengan kategori sangat baik,pada siklus I hasil belajar siswa ketuntasan secara klasikal hanya 34%, pada siklus II hasil belajar siswa ketuntasan secara klasikalnya meningkat menjadi 82,75%, dan terjadi peningkatan persentase pencapaian karakter kayuh baimbaidari siklus I sebesar 68,5% menjadi 89,5%. Diperoleh simpulan bahwa penerapan modul getaran gelombang dan bunyi bermuatan karakter di kelas VIII G Banjarmasin dikategorikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI