DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH KEADILAN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN MEDIASI KOMITMEN ORGANISASI
PENGARANG:Syafriyanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-16


ABSTRAK

Syafriyanti, Analisis Pengaruh Keadilan Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Komitmen Organisasi sebagai Mediasi. (Studi pada Karyawan Kontrak Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banjarmasin.

Pembimbing: Dr. Hastin Umi Anisah, S.E, M.M.

 

Penelitian ini dilakukan untuk menganilisis pengaruh keadilan organisasi dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) karyawan kontrak di Kantor Badan Pertanahan Nasioanl (BPN) Banjarmasin dengan komitmen Organisasi sebagai mediasi. Hal yang mendasari penelitian ini adalah, oleh karena banyaknya pekerjaan yang diemban organisasi, para karyawan dituntut untuk bekerja lebih dalam menyelesaikan setiap tugas yang telah dibebankan pada mereka, para karyawan sering kali bekerja melebihi waktu kerja yang telah ditetapkan, sehingga kesempatan untuk membantu rekan yang lain sangat tipis, kecuali jika atasan yang meminta

 

Sampel penelitian berjumlah 33 orang yang merupakan seluruh karyawan kontrak/PPNPN dari objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dalam rangka memberi penilaian terhadap penerapan keadilan dalam organisasi (X1), menguji seberapa puas karyawan dalam bekerja (X2), komitmen karyawan terhadap organisasi (Z) dan mengukur seberapa besar OCB karyawan dalam organisasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) 3.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa, Keadilan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), Namun tidak dengan kepuasan kerja yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Organisasi Citizenship Behavior (OCB). Adapun keadilan organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, begitupun dengan komitmen organisasi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Organisasi Citizenship Behavior (OCB), juga keadilan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organisasi Citizenship Behavior (OCB) karyawan, baik secara langsung maupun melalui mediasi Komitmen Organisasi.

 

Kata kunci:      Keadilan Organisasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi dan Organisasi Citizenship    Behavior (OCB).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI