DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | STUDI TENTANG MINAT BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 2 KOTA BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | SITI AISYAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-02-17 |
STUDI TENTANG MINAT BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 2 KOTA BANJARMASIN (Oleh: Siti Aisyah, Pembimbing: Iskandar Zulkarnain, Kamaliyah; 2020; 42 halaman)
ABSTRAK
Setiap individu memiliki berbagai macam keunikan dalam dirinya. Salah satu keunikan tersebut adalah gaya belajar. Keberhasilan seseorang dalam belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik secara internal maupun eksternal. Faktor intenal diantaranya minat dan gaya belajar. Oleh karena itu dilakukan penelitian minat belajar dan gaya belajar di MTs Negeri 2 Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan minat belajar siswa terhadap matematika di MTs Negeri 2 Kota Banjarmasin, (2) mendeskripsikan gaya belajar siswa terhadap matematika di MTs Negeri 2 Kota Banjarmasin, (3) mendeskripsikan hubungan antara minat belajar siswa dan gaya belajar siswa terhadap matematika di MTs Negeri 2 Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dan sample penelitian ini adalah 30% dari jumlah siswa di MTs Negeri 2 Kota Banjarmasin yang ditentukan menggunakan rumus Solvin dengan jumlah siswa 308 siswa. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini dari angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regesi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase rata-rata siswa minat belajar matematika adalah 50,00% dengam kategori cukup, (2) gaya belajar siswa di MTs Negeri 2 Kota Banjarmasin yang paling dominan adalah gaya belajar visual, (3) Hanya minat dengan gaya belajar visual yang ada hubungannya dengan siswa di MTs Negeri 2 Kota Banjarmasin.
Kata kunci: minat belajar, gaya belajar, MTs Negeri 2 Kota Banjarmasin
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI