DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Berbagai Merek Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan dan Produksi Pakcoy pada Lahan Kering Masam
PENGARANG:WAHYU AJI SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-17


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh berbagai merek pupuk organik merek 2-Tia Agri, Sunflower, Supernasa, dan Evergreen terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy pada lahan kering masam serta mengetahui pupuk organik terbaik di antara merek 2-Tia Agri, Sunflower, Supernasa, dan Evergreen terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy pada lahan kering masam. 

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor. Faktor yang diujikan adalah dosis pupuk organik masing-masing 10 t ha-1 dengan lima perlakuan. Adapun perlakuan meliputi P0 (kontrol), P1 (10 t ha-1 2-Tia Agri), P2 (10 t ha-1 Sunflower), P3 (10 t ha-1 Supernasa), dan P4 (10 t ha-1 Evergreen). Perlakuan diulang sebanyak lima kali, sehingga mendapatkan 25 satuan percobaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian berbagai merek pupuk organik (pupuk 2-Tia Agri, Sunflower, Supernasa dan Evergreen) masing-masing 10 t ha-1 berpengaruh nyata meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tinggi tanaman, luas daun, berat basah dan bering kering tanaman pakcoy pada lahan kering masam. Pemberian perlakuan merek pupuk organik terbaik untuk pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy pada lahan kering masam yaitu perlakuan P4 (10 t ha-1 Evergreen). 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI