DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI DINAS PELAYANAN PERIZINAN TERPADU KABUPATEN TABALONG DALAM USAHA MENCAPAI EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN
PENGARANG:Hadi Ifansyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-17


Hadi Ifansyah, D1B114255, 2020 “Strategi Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Tabalong Dalam Usaha Mencapai Efektivitas Pelayanan Perizinan”. Dibawah bimbingan Husein Abdurrahman S.Sos, M.Si selaku pembimbing I dan Drs Suriansyah Umar M.AP pembimbing II.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kantor pelayanan perizinan terpadu Kabupaten Tabalong dalam usaha mencapai efektivitas pelayanan. Strategi kantor pelayanan perizinan terpadu dalam usaha mencapai efektivitas pelayanan diukur dengan menggunakan teori Strategi Organisasi (James Brian Quinn, 2003) yang terdiri dari Tujuan, Kebijakan dan Program. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, dengan mengggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif deskriptif.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kantor pelayanan perizinan terpadu Kabupaten Tabalong dalam usaha meningkatkan efektivitas pelayanan secara keseluruhan sudah cukup baik, dilihat dari teori Strategi Organisasi (James Brian Quinn, 2003) pertama Tujuan yaitu, kantor pelayanan perizinan terpadu sudah cukup baik dengan membuat tata cata atau syarat-syarat permohonan perizinan yang ditampilkan didepan kantor pelayanan perizinan. Kedua kebijakan, kebijakan yang dibuat untuk mempermudah pelayanan yaitu dengan membuat mekanisme dan prosedur pelayanan yang mudah dan sederhana. Ketiga program, program pelayanan perizinan yang dilakukan yaitu dengan membuat pelayanan secara online atau antrian online  sehingga pengajuan perizinan dapat dilakukan dirumah pemohon dan dapat menghemat waktu.

            Kepada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tabalong saran yang dapat saya berikan adalah harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan melakukan sosialisasi terkait perizinan baik secara langsung maupun secara sosial media karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui terhadap pelayanan perizinan.

Kata kunci : Strategi, Efektivitas, Pelayanan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI