DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI DUKUNGAN SOSIAL DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 27 BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR ANIDA RAHMADINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-17


ABSTRAK

 

Noor Anida Rahmadina 2020Kontribusi Dukungan Sosial danEfikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sulitiyana S.Pd, M.Pd. (II) Muhammad Arsyad M.Psi, Psikologi.

 

Kata Kunci : Dukungan SosialEfikasi Diri, Prokrastinasi Akademik

 

Proktastinasi akademik merupakan suatu bentuk penundaan dalam menyelesaikan suatu tugas ataupun pekerjaan. Prokrastinasi akademik juga sudah menjadi problem  bagi banyak orang. Maka, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran dukungan sosial dan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Serta untuk mengetahui kontribusi antara dukungan sosial dan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII di SMP Negeri 27 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kontribusi. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penarikan sampelnya menggunakan sampel jenuhAdapun sampel yang diambil sebanyak 193 orang dengan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif dan regresi liniear berganda. Adapun, hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 27 Banjarmasin yang mana siswa kelas VII memiliki dukungan sosial dan efikasi diri  dalam kategori tinggi, sedangkan pada prokrastinasi akademik termasuk dalam kategori sedang.

Hasil dari Teknik analisis data  menggunakan Uji Regresi Liniear Berganda mendapatkan hasil bahwa nilai sig 0,000 > 0,05 dan nilai Fhitung 381,356 > Ftabel 3.04 yang dinyatakan ada kontribusi yang signifikan antara dukungan sosial dan efikasi diri terhadap prokrastnasi akademik dikalangan siswa kelas VII di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Hasil analisis yang ditemukan juga menyatakan bahwa dukungan sosial dan efikasi diri memberikan kontribusi terhadap prokrastinasi akademik sebesar 79,8% sedangkan sisanya yaitu 20,2% dapat dipengaruhi oleh faktor lain.

            Adapun saran untuk guru hendaknya tetap memberikan dukungan sosial dan efikasi diri kepada siswa, serta dapat membantunya untuk mengurangi prokrastinasi akademik yang ada didalam dirinya. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar bisa mengeksperimenkan penelitian ini agar kiranya dapat melakukan layanan kepada siswa yang masih memiliki dukungan sosial dan efikasi diri yang rendah dan prokrastinasi akademik yang tinggi.

 

ABSTRACT

 

Noor Anida Rahmadina 2020Contribution Of Social Support and Self-Efficiency Towards Academic Procrastination In Class VII Students At SMP Negeri 27 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sulitiyana S.Pd, M.Pd. (II) Muhammad Arsyad M.Psi, Psikologi.

 

Keywords: Social Support, Self Efficacy, Academic Procrastination

 

            Academic procastination is a form of delay in completing a task or job. Academic procrastination has also become a problem for many people. So, the purpose of this study was to determine the description of social support and self-efficacy on academic procrastination in grade VII students at SMP Negeri 27 Banjarmasin. And to determine the contribution between social support and self-efficacy on academic procrastination in grade VII students at SMP Negeri 27 Banjarmasin.

            This study uses a quantitative approach with the type of research contribution. The data collection tool used a questionnaire and the sampling technique used saturated samples. The sample taken as many as 193 people with data analysis techniques using descriptive statistics and multiple linear regression. Meanwhile, the results of research conducted at SMP Negeri 27 Banjarmasin in which grade VII students have social support and self-efficacy in the high category, while academic procrastination is in the medium category.

            The results of the data analysis technique using the Multiple Linear Regression Test showed that the sig value of 0,000> 0.05 and the value of Fcount 381,356> Ftable 3.04 which stated that there was a significant contribution between social support and self-efficacy on academic procrastination among seventh grade students at SMP Negeri 27 Banjarmasin. The results of the analysis found also stated that social support and self-efficacy contributed 79.8% to academic procrastination while the remaining 20.2% could be influenced by other factors.

            The suggestions for teachers should still provide social support and self-efficacy to students, and can help them to reduce academic procrastination that is in them. As for future researchers, it is hoped that they can experiment with this research so that they can provide services to students who still have social support and low self-efficacy and high academic procrastination.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI