DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FOTO JURNALISTIK DALAM METODE EDFAT DENGAN KONTEN “CITIZEN JOURNALISM” PADA AKUN INSTAGRAM @WARGABANUA (Analisis Isi Kualitatif Media Sosial Instagram @Wargabanua Pada 16 Maret – 16 April 2020)
PENGARANG:IGA FALAH EKA PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-18


ABSTRAK

            Iga Falah Eka Putra.    D1C114229,  2020.  Analisis Foto Jurnalistik Dalam Metode EDFAT Dengan Konten  Citizen Journalism  Pada Akun Instagram @Wargabanua (Analisis Isi Kualitatif  Media Sosial Instagram @wargabanua Pada 16 Maret 2020 - 16 April 2020). Dibimbing oleh Sarwani dan Noviana Sari.

            Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan media sosial sebagai wadah untuk menyampaikan sebuah berita secara cepat namun terdapat kekurangan dalam penyampaian berita tersebut hingga dapat menciptakan kesimpang siuran sebuah berita karena terkadang lebih mengutamakan keaktual berita ketimbang caption yang menjelaskan isi dari berita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai berita pada foto jurnalistik dalam “Metode EDFAT” pada akun @wargabanua sudah memenuhi syarat untuk nilai-nilai pesan sebagai foto jurnalistik pada periode 16 Maret 2020 – 16 April 2020.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari berita-berita postingan di akun instagram @wargabanua yang dilengkapi dengan wawancara secara online dan studi pustaka dari artikel jurnal yang berkaitan dengan konten citizen journalism dalam meliput berita.  Analisis menggunakan triangulasi yaitu menganalisa objek untuk membuktikan kebenaran dengan data empiris mengacu pada pendapat Patton pada tahun 1987 dengan menggunakan startegi: (1) pengencekan derajat kepercayaan penemuan hasil penelitian beberapa teknik pengumpulan data, (2) pengecekan beberapa sumber data dengan metode yang sama.

            Hasil penelitian menunjukan, pada konten citizen journalism yang memang bukan seorang wartawan yang khusus ditugaskan untuk meliput sebuah berita secara baik, dalam konten citizen journlism ini masyarakatlahlah yang berperan penting sebagai penyalur informasi kenpada khalayak luas dengan mengirimkan berita terakhtual memalui media sosial instagram @wargabanua yang menjadi wadah untuk mengumpulkan dan menyampaikan hasil berita secara cepat dari masyarakat yang berperan sebagai konten citizen journalism.

 

Kata Kunci : Citizen Journalism, Analisis EDFAT, Instagram

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI