DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH JARAK TANAM DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP INTENSITAS KERUSAKAN HAMA DAUN, PERTUMBUHAN DAN HASIL PAKCOY (Brassica rapa L.)
PENGARANG:Joko Warsito
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-18


 

Joko Warsito. 2020. Pengaruh Jarak Tanam dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair Terhadap Intensitas Kerusakan Hama Daun, Pertumbuhan dan Hasil Pakcoy (Brassica rapa L.). Pembimbing Prof. Dr. Ir. Samharinto S, S.U. dan Dr. Dewi Erika Adriani, S.P., M.P., Ph.D.

 

 

Banjarbaru. Tujuan penelitian ini : 1) Mengetahui pengaruh interaksi jarak tanam dan konsentrasi pupuk organikcair terhadap kerusakan hama daun, pertumbuhan dan hasil pada tanaman pakcoy. 2) Mengetahui kombinasi terbaik antara jarak tanam dan konsentrasi pupuk organikcair terhadap kerusakan hama daun, pertumbuhan dan hasil pada tanaman pakcoy.

Penelitian ini merupakan metode percobaan yang dilakukan di lapangan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor. Faktor pertama adalah jarak tanam (J) yang terdiri dari  j1 = 10 x 20 cm, j2 = 15 x 20 cm, j3 = 20 x 20 cm dan faktor kedua adalah konsentrasi larutan pupuk organik cair  (L) l1 =  30.000 ppm, l2 =  60.000 ppm, l3 =  90.000 ppm.

Hasil penelitian menunjukkan interaksi antara jarak tanam denganpupuk organik cair memberikan pengaruh terhadap jumlah daun pada umur 16 HST, intensitas serangan hama daun pada umur 16 dan 22 HST. Konsentrasi larutan pupuk organik cair30.000 ppm sudah mampu menekan kerusakan hama daun pada tanaman. Peningkatan   konsentrasi   larutan   pupuk   organik   cair  mampumeningkatkanberatsegarpanentanaman.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI