DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINJAUAN YURIDIS PENGHENTIAN PENYIDIKAN DENGAN ALASAN DEMI HUKUM
PENGARANG:AHMAD SAIFULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-18


ABSTRAK

Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan hukum ini adalah untuk mengetahui bagaimana kriteria alasan dan hukum berdasarkan SP3 (surat perintah penghentian penyelidikan) untuk penghentian penyidikan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum dengan fokus kajian yuridis empiris yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Dalam penelitian ini digunakan 2 (dua) sumber data yaitu data Primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari responden melalui wawancara di lapangan atau lokasi penelitiandan yang kedua adalah data Sekunder yaitu data yang diperoleh dan dikumpulkan melalui beberapa literatur atau studi kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 (dua) yaitu observasi dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kepolisian Resort Banjarmasin mengenai penghentian penyidikan (SP3) tidak terlaksana dikarenakan para penyelidik dan penyidik telah bekerja secara professional dan berintegritas dalam menangani setiap kasus-kasus pidana yang ada.

Setiap penyidik dan penyelidik memiliki tanggung jawab yang dibebankan oleh masyarakat dalam hal penegakan hukum. Olehnya itu setiap penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan oleh penyidik dan penyelidik lebih meninkatkan tanggung jawab yang dimilikinya agar citra penegakan hukum tidak ternodai.

 

Kata kunci:     Hukum berdasarkan SP3, Pendekatan Yuridis Empiris dan   Kepolisian Resort Banjarmasin


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI