DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI PENGGUNAAN LAHAN DI KABUPATEN LAMANDAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI MAXIMUM LIKELIHOOD PADA CITRA SATELIT LANDSAT 8 OLI/TIRS
PENGARANG:NADIA ANUGRAHI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-19


ABSTRAK

IDENTIFIKASI PENGGUNAAN LAHAN DI KABUPATEN LAMANDAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH  MENGGUNAKAN CITRA SATELIT LANDSAT 8 OLI/TIRS.

(Oleh: Nadia Anugrahi Lestari, Pembimbing: Ichsan Ridwan dan Fahruddin; 2021, 39 Halaman)

Penggunaan lahan merupakan bentuk dari pengaruh aktivitas manusia terhadap sebagian fisik permukaan bumi. Penggunaan lahan akan semakin meningkat apabila jumlah penduduk bertambah. Aktivitas yang dilakukan oleh manusia dapat berupa membangun permukiman, perkebunan dan pertanian serta tidak terlepas dari masalah keruangan karena terkait dengan penggunaan lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi penggunaan lahan serta membuat peta sebaran penggunaan lahan di Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah menggunakan Citra Satelit Landsat 8 OLI/TIRS. Klasifikasi penggunaan lahan menggunakan metode klasifikasi maximum likelihood. Hasil dari penelitian ini merupakan peta sebaran penggunaan lahan di Kabupaten Lamandau yang memiliki luas sekitar 486.738 ha. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh 7 kelas penggunaan lahan di Kabupaten Lamandau, yaitu hutan dengan luas 182.383 ha, semak belukar 118.263 ha, perkebunan sawit 74.666 ha, kebun campuran 51.117 ha, permukiman 28.742 ha, pertanian 28.087 ha dan sungai 3.480 ha.

Kata kunci: Kabupaten Lamandau, Landsat 8 OLI/TIRS, maximum likelihood, Penggunaan Lahan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI