DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Harga Jual, Transportasi dan Biaya Terhadap Pendapatan Petani Kayu Manis (HHBK) di Kecamatan Loksado
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-19


Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan petani kayu manis diantaranya, ada faktor internal dan faktor eksternal. Pada penelitian ini menggunakan faktor internal yaitu harga jual, jarak dan biaya sebagai variabel independent dan pendapatan sebagai variabel dependen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel harga jual, jarak dan biaya terhadap pendapatan petani kayu manis di Kecamatan Loksado.

Adapun sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan melakukan wawancara kepada sampel sebanyak 20 responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan pendapatan sebagai variabel dependen dan tiga variabel independent, yaitu harga jual (Rp), jarak (Rp) dan biaya (Rp). Regresi linier berganda akan menguji pengaruh secara simultan (uji f) dan secara parsial (uji t) melalui software eviws10.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas harga jual, jarak, dan biaya yaitu berpengaruh secara silmultan atau bersama-sama dan secara parsial atau masing-masing variabelnya berpengaruh terhadap pendapatan petani kayu manis, dalam penelitian ini variabel dependen (pendapatan) mampu dijelaskan oleh variabel independen (modal, tenaga kerja, dan jam kerja) sebesar 100%.

Dari hasil uji dan analisis, diketahui bahwa variabel bebas seperti harga jual, dan biaya berpengaruh signifikan secara parsial dan untuk variabel jarak tidak berpengaruh secara signifikan. Kemudian untuk variabel yang paling dominan mempengaruhi pendapatan petani kayu manis adalah variabel harga jual.

Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang dapat diterapkan agar dapat meningkatkan pendapatan yaitu dengan mengelola harga jual sebaik mungkin secara teratur karena semakin tinggi harga jual maka keuntungan bagi petani kayu manis juga akan semakin besar. Tetapi kalau terlalu tinggi harga jualnya maka konsumen akan semakin berkurang, maka dari itu harga harus disesuaikan dengan permintaan. Lalu menggunakan transportasi agar jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, dan menggunakan biaya sesuai dengan kebutuhan lahan pohon kayu manis.

Kata Kunci : harga jual, jarak, biaya, pendapatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI