DIGITAL LIBRARY



JUDUL: IMPLEMENTASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL PETAK UMPET DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM MEMAHAMI PERATURAN DAN DISIPLIN PADA ANAK KELOMPOK A
PENGARANG:RISKA PARAMITHA RAMADHANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-19


 

Ramadhanty, Riska Paramitha. 2020.Implementasi Model Explicit Instruction Dengan Permainan Tradisional Petak Umpet dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Dalam Memahami Peraturan Dan Disiplin Pada Anak Kelompok A. Skripsi Program PG-PAUD FKIP Univesitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Sulistiyana

 

Kata Kunci     : Sosial Emosional, Model Explicit Instruction, Permainan Tradisional Petak Umpet.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa anak yang masih belum sepenuhnya bisa memahami peraturan dan disiplin. Hal ini disebabkan karena penanaman pemahaman tentang peraturan dan disiplin belum tercapai dengan baik. Untuk mengatasinya, menggunakan Model Explicit Instruction Dengan Permainan Tradisional Petak Umpet mampu membuat semua anak terlibat dalam pembelajaran dan penyampaian pemahaman tentang peraturan dan disiplin akan lebih mudah dimengerti oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil belajar anak dalam mengembangkan Aspek Sosial Emosional Memahami Peraturan dan Disiplin Pada Anak Kelompok A.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena hasil dari penelitian ini berupa data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku dari orang-orang yang diamati serta hal-hal lain yang terkait dengan masalah yang diteliti. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, deskriptif analisis digunakan agar mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai permasalahan yang terkait dengan isi penelitian.

Hasil penelitian perkembangan sosial emosional anak dalam memahami peraturan dan disiplin menggunakan model explicit instruction dengan permainan tradisional petak umpet dapat meningkatkan hasil perkembangan sosial emosional anak, aktivitas anak, dan aktivitas guru.

Berdasarkan hasil kajian yang telah dianalisa maka hasil perkembangan sosial emosional anak, aktivitas anak dan aktivitas guru dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dengan Permainan dan Disiplin pada anak kelompok A terjadi peningkatan dan mencapai kriteria sangat baik. Disarankan kepada kepala sekolah dan guru hendaknya memberikan bimbingan dalam menggunakan model-model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar anak, bagi peneliti lain hendaknya dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan kembali pada penelitian yang lebih lanjut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI