DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBUATAN AKTA MELALUI DALAM JARINGAN (daring) PADA MASA PANDEMI COVID 19
PENGARANG:M. EFWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-03


Kata kunci : Akta Notaris Dalam Jaringan Covid 19

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang pelaksanaan pembuatan akta notaris pada masa pandemi covid-19, dan pengaturan pembuatan akta notaris dalam menghadapi pandemi pada masa yang akan datang ditinjau dari segi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tenatang perubahan atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris.

Untuk membahas tujuan penelitian tersebut, maka digunakan jenis penelitian hukum normatif, yaitu penelitian hukum terhadap bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan. Kemudian menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konsep.

Hasil penelitian menunjukkan, pertama, prosedur pembutan akta notaris menurut UUJN pada masa pandemi covid-19, pada peinsipnya menjadi kendala yang ditandai dengan sikap masyarakat yang menunda jasa pelayanan notaris. Kedua, UUJN tidak mengatur pembuatan akta notaris melalui dalam jaringan, baik negara dalam keadaan normal maupun dilanda wabah penyakit seperti pandemi covid-19 saat ini. Namun demikian sesuai dengan kemajuan teknologi informasi, maka pembuatan akta notaris dapat dilakukan melalui dalam jaringan, seperti videocall dan tanda tangannya dilakukan secara berkode.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI