DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMODITAS UNGGULAN DI KABUPATEN BARITO UTARA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2020
PENGARANG:SUDARTA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-03


Ary Sudarta.2020. Analisis Komoditas Unggulan Di Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020. Pembimbing 1 : Dr. Andi Tenri Sompa, S.IP, M.Si ; Pembimbing 2 : Dr. Muhammad Riduansyah Syafari, S.Sos, M.PA

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan komoditas unggulan tanaman perkebunan di Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk mengetahui dan mendiskripsikan perbandingan pendapatan perkapita Kabupaten Barito Utara dan Pendapatan perkapita Petani sektor unggulan tanaman perkebunan di Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah.

Penelitian ini menggunakan menggunakan metode analisis data sekunder dengan studi literatur. Waktu penelitian ini dilakukan selama 5 (lima) bulan dimulai pada bulan juli sampai dengan bulan November 2020 di Muara Teweh dengan menggunakan data PDRB, data produksi perkebunan dan luas lahan perkebunan Kabupaten Barito Utara. Analisis menggunakan metode Location Quotient (LQ) dan menghasilkan data LQ > 1 dan  LQ < 1. Nilai LQ lebih besar dari 1 (satu) merupakan komoditas sektor unggulan (basis) dan LQ kurang dari 1 (satu) bukan sektor unggulan atau non basis.

Tanaman perkebunan unggulan menurut perhitungan LQ > 1 berdasarkan produksi yaitu kakao, karet, kemiri, pinang dan kopi.Tanaman perkebunan unggulan menurut perhitungan LQ > 1 berdasarkan luas tanam yaitu kakao, kemiri, pinang dan karet. Berdasarkan perbandingan pendapatan perkapita petani kakao, karet dan kopi terhadap PDRB perkapita Kabupaten Barito Utara terjadi ketimpangan yang sangat besar, pendapatan perkapita petani lebih rendah dari PDRB perkapita ini menunjukan kesejahteraan petani sangat rendah. Dari tiga pendapatan perkapita petani tersebut, pendapatan perkapita tertinggi adalah petani kakao, petani karet dan petani kopi.

 

Kata Kunci : unggulan, analisis, perkebunan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI