DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Banjarmasin Pada Konsep Perubahan Lingkungan/Iklim dan Daur Ulang Limbah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)
PENGARANG:RAHMANIAH ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-03


MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 BANJARMASIN PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN/IKLIM DAN DAUR ULANG LIMBAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) (Oleh: Rahmaniah Ulfah: Pembimbing St. Wahidah Arsyad: Kaspul: 2017) (Halaman:83)

ABSTRAK

Pada pembelajaran biologi konsep perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah, aktivitas siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Banjarmasin kurang aktif dan hasil belajar siswa masih banyak yang berada di bawah KKM (70). ). Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta mengetahui respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Banajrmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas siswa meningkat dari siklus 1 (77,23%) kategori cukup ke siklus 2 (86,08%) kategori baik. Hasil belajar kognitif postes menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 (72,33%) ke siklus II (89,39%) dan telah mencapai ketuntasan klasikal. Hasil belajar kognitif berupa LKS meningkat dari siklus 1 (71,21%) ke siklus II (80,80%) belum mencapai ketuntasan klasikal. Hasil penilaian produk dari siklus I (79,04%) kategori cukup dan siklus II (80,55%) kategori baik. Penilaian afektif siswa terdiri dari perilaku berkarakter dan perilaku sosial. Perilaku berkarakter meningkat dari siklus I (79,23%) kategori cukup ke siklus II (89,52%) kategori baik. Perilaku sosial menunjukkan peningkatan dari siklus I (74,26%) kategori cukup ke siklus II (82,54%) kategori baik. Penilaian psikomotorik siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I (75,30%) kategori cukup ke siklus II (92,05%) kategori baik. Pembelajaran dengan menggunakan model GI mendapat respon positif dari siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Perubahan Lingkungan/Iklim dan daur Ulang Limbah, Group Investigation

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI