DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MAKNA CERDIKIAWAN DALAM IKLAN GOJEK VERSI “INI KISAH PARA CERDIKIAWAN” DI YOUTUBE
PENGARANG:ABDAN ALMADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-04


 

ABSTRAK

 

 

 

Abdan Almadani, 2020, 1610414610001, Makna Cerdikiawan Dalam Iklan Gojek Versi “Ini Kisah Para Cerdikiawan” di Youtube di bawah bimbingan Fahrianoor dan Atika

 

       Iklan Gojek “Ini kisah para cerdikiawan” mengkonstruksi realitas masyarakat Indonesia yang berbagai macam suku dan budayanya mempunyai sejuta solusi dalam menyelesaikan masalahnya dengan berpikir cerdik dalam mengatasi segala situasi pada kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, mengetahui dan menganalisis makna cerdikiawan pada iklan gojek versi “Ini Kisah Para Cerdikiawan” menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce

 

       Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Dengan analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada hasil penelitian ini, peneliti membahasnya berdasarkan klasifikasi jenis-jenis tanda Pierce, pada setiap scene yang kemudian dimaknai berdasarkan sign, object, dan interpretant.

 

       Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan Gojek versi “Ini Kisah Para Cerdikiawan” dari tiga klasifikasi tanda pada sign, didominasi oleh qualisign dan sinsign yakni sifat dan benda-benda yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar, untuk object banyak menampilkan icon yakni benda seperti garpu, kantong plastik, cangkul, peniti, setrika, sendal jepit, dan untuk interpretant yakni decisign dan rheme yang banyak diisi dengan kegunaan sebuah benda yang sifatnya multifungsi dan dijadikan sebagai sebuah solusi bagi seorang cerdikiawan. Makna cerdikiawan dalam iklan Gojek versi “Ini Kisah Para Cerdikiawan” adalah sebuah cara hidup seseorang menjalani kehidupannya diisi dengan hal-hal yang kreatif dalam membuat karya, inovatif dalam memanfaatkan barang yang ada, serta cerdik dalam mencari solusi pada masalah kehidupan masa kini.

 

Kata kunci : Iklan Gojek, Cerdikiawan, Iklan Youtube, Semiotika Charles Sanders Peirce

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI