DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PDB, KURS, DAN INFLASI TERHADAP IMPOR PRODUK TELEKOMUNIKASI DI INDONESIA
PENGARANG:WIRDAJATI ASSIFADYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-04


Wirdajati Assifadya (2020). Pengaruh PDB, Kurs, dan Inflasi Terhadap Impor Produk Telekomunikasi di Indonesia. Pembimbing: Ali Wardhana, SP, M.Si.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengaruh PDB, kurs, dan inflasi secara bersamaan  dan (2) faktor mana yang paling dominan dalam mempengaruhi terhadap impor produk telekomunikasi di Indonesia .

Data yang digunakan didalam penelitian ini berupa data sekunder time series selama 18 tahun, mulai dari tahun 2002 sampai dengan 2019. Data diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Bank Indonesia, dan World Bank. Alat analisis data menggunakan OLS (Ordinary Least Square)  dan diestimasi menggunakan software Eviews 9.

Hasil penelitian menunjukkan variabel PDB berpengaruh signifikan terhadap impor produk telekomunikasi di Indonesia. Variabel kurs dan inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap impor produk telekomunikasi. Nilai koefisien determinasi sebesar  0.811884 yang berarti variabel bebas PDB, kurs, dan inflasi secara bersama mempengaruhi 81,1884% variabel terikat impor produk telekomunikasi Indonesia.

Kata Kunci: Impor, PDB, Kurs, Inflasi, Produk Telekomunikasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI