DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DALAM MENUNJUKKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN METODE PRAKTIK LANGSUNG DI KELOMPOK A TK AL- FURQAN BANJARMASIN
PENGARANG:MARIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-05


 

ABSTRAK

 

MA’RIFAH. 2019.  “ Upaya Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia  Dini Dalam Menunjukkan Rasa Percaya Diri  Melalui Koloborasi Model Pembelajaran Role Playing  Dan Metodeb Praktik   Langsung  Di Kelompok  A  Tk Al- furqan  BanjarmasinSkipsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST, M. Pd.

Kata Kunci : sosial emosional anak dalam menunjukkan rasa percaya diri,kolaborasi pembelajaran role playing dan metode praktik langsung

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengembangkan kemampuan sosial emosional terutama menumbuhkan rasa percaya diri dalam hal praktek langsung,rasa percaya diri merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini karena rasa percaya diri adalah dasar untuk menerobos suatu peluang untuk masa yang akan datang. Anak yang percaya diri dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan tahapan perkembangangan dengan baik dan juga memiliki kemampuan untuk belajar  bagaimana cara menyelesaikan  tugas tersebut, memiliki keberanian serta kemampuan untuk meningkatkan prestasinya sendiri.akan dipercaya oleh orang lain, dan akan tumbuh dalam pengalaman dan kemampuan sehingga menjadi pribadi yang sehat dan mandiri.

Rencana pemecahan masalahnya dengan melaksanakan kolaborasi model pembelajaran role playing dan metode praktek langsung. Pendekatan yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 pertemuan dan siklus, setting penelitian anak kelompok A TK Al furqan Banjarmasin berjumlah 15 anak yaitu 9 laki-laki  dan 6 perempuan. Dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2019-2020 instrumen yang digunakan lembar observasi aktivitas guru,aktivitas anak dan kemampuan sosial emosional

Penelitian ini memperoleh hasil pada pelaksanaan kolaborasi model pembelajaran Role Playing dan metode Praktik langsung  dapat meningkatkan skor (1) aktivitas guru yaitu dari 19 dan 21 katagori baik pada pertemuan 1 dan 2 siklus 1meningkat menjadi 25 dan 27 pertemuan 1 dan2 siklus 2 dengan katagori sangat baik. (2) aktivitas anak dengan skor rata-rata kelas peraspek antusias anak 55 dan 66-67 pertemuan 1 dan 2 siklus I katogori cukup aktif meningkat 81,67 dan 95 katagori sangat aktif, keberanian anak dalam melaksanakan kegiatan 66,67 dan 76, 67 aktif  meningkat 83 dan 93 katagori sangat aktif, kepercayaan diri anak 55 dan 73 aktif  meningkat 80 dan 88 katagori sangat aktif pada pertemuan 1 dan2 siklus II (3) kemampuan sosial emosional anak menunjukkan penilaian ??? dari 33,33 % (5 anak ) dan 73,33 % (11 anak ) pertemuan 1 dan 2 siklus 1 meningkat menjadi 86,67% (13 anak ) dan 93,33% (14 anak) pertemuan 1 dan 2 siklus II.

Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui kolaborasi model pembelajaran Role playing dan Metode Praktik Langsung pada kelompok A TK Al furqan  meningkatkan kemampuan sosial emosional anak dalam meningkatkan rasa percaya diri, dan dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengembangkan pembelajaran, bagi peneliti dapat menjadi inspirasi bagi peneliti berikutnya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI