DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN DADU MATA 10 TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1 SAMPAI 10 PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 4 DI SLB NEGERI INDRASARI MARTAPURA
PENGARANG:FITRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-05


ABSTRAK 

 

Fitriyani, 2013. Pengaruh Penggunaan Media Permainan Dadu Mata 10 Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1 Sampai 10 Pada Siswa Tunagrahita Sedang Kelas D4/C1 Di SLB Negeri Indra Sari Martapura. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Dr. Imam Yuwono, M.Pd, Pembimbing (2) Dewi Ratih Puspa, M.Pd. 

 

Kata Kunci : Media permainan dadu mata 10, kemampuan mengenal angka 1 sampai 10, tunagrahita. 

 

Berdasarkan hasil observasi di SLB Negeri Indra Sari Martaura. Kemampuan anak tunagrahita sedang dalam mata pelajaran matematika sangat rendah terutama dalam mengenal angka 1 sampai 10, hal tersebut disebabkan karena kemampuan siswa dalam mengingat dan memahami sangat kurang sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita sedang yaitu IQ berada di bawah rata-rata. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa tunagrahita sedang dalam mengenal angka 1 sampai 10 sebelaum dan sesudah penggunaan media permainan dadu mata 10.  

Metode penelitian ini menggunakan desain Pre-Eksperimental Design, jenis desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Postest yang bertujuan untuk membandingkan rerata nilai sebelum dan sesudah perlakuan. Penelitian ini dilakukan di kelas D4/C1 dengan jumlah sampel sebanyak 3 siswa. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi langsung dan tes. Analisis data dilakukan dengan  menggunakan analisis statistik inferensial.  

Melalui hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa   pengaruh  penggunaan media  permainan dadu mata 10 dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1 sampai 10 siswa tunagrahita sedang di kelas D4/C1, hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan siswa dalam mengenal angka  1 sampai 10 pada mata pelajaran matematika. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI