DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKUNTABILITAS DANA DESA DI KECAMATAN PADANG BATUNG (STUDI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN USAHA TANI DI DESA PANDULANGAN)
PENGARANG:HERI UTOMO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-05


HERI UTOMO, 1620422310009, Akuntabilitas Dana Desa di Kecamatan Padang Batung (Studi Pembangunan Infrastruktur Jalan Usaha Tani di Desa Pandulangan) Pembimbing 1 Ibu Dr. Andi Tenri Sompa, S.IP., M.Si dan Pembimbing II Bapak Dr. Ahmad Yunani, SE., M.Si

 

Penyaluran Dana Desa (DD) adalah sebagai bantuan stimulan atau dana perangsang untuk mendorong dalam membiayai program Pemerintah Desa yang ditunjang dengan partisipasi swadaya gotong royong masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat. Jalan merupakan akses terpenting bagi masyarakat dalam mendorong perekonomian maupun pembangunan.

Tujuan penelitian ini adalah untmenganalisis akuntabilitas dana desa studi pembangunan infrastruktur Jalan Usaha Tani di Desa Pandulangan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan akuntabilitas pembangunan Jalan Usaha Tani dari perencanaan, pelaksanaan dan pertangungjawaban, penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui Participatory Rural Appraisal (PRA). Data penelitian diperoleh melalui beberapa metode pengumpulan datadalam PRA seperti Transect walks, Wawancara dengan beberapa informan dan Dokumen pendukung meliputi dokumen anggaran pembangunan desa dan laporan realisasi penggunaan anggarandesa PAndulangan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembangunan jalan usahsa tani  sudah akuntabel, transparan dalam perencanaan, transparan dalam pelaksanaan dan dapat dipertanggungjawabkan secara aturan. Pembanugnan JUT berdampak positif terhadap masyarakat, diantaranya mudahnya akses dan penghematan biaya angkut hasil pertanian.

 

 

Kata Kunci: Dana Desa, Akuntabilitas, Jalan Usaha Tani (JUT), Desa Pandulangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI