DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN MENENTUKAN FAKTA DAN OPINI MENGGUNAKAN SURAT KABAR DIGITAL “KALIMANTAN POST” PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:AULYA RACHMADIA MAYTA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-06


 

ABSTRAK

 

Putri, Aulya Rachmadia Mayta. 2020. Pembelajaran Menentukan Fakta dan Opini Menggunakan Surat Kabar Digital “Kalimantan Post” Peserta Didik Kelas XII SMAN 4 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. H. Zulkifli, M.Pd.; (II) Lita Lutfhiyanti, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran, fakta dan opini,surat kabar digital

 

                 Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran fakta dan opini menggunakan surat kabar digital kalimantan post peserta didik kelas XII SMAN 4 Banjarmasin.

 

                 Jenis penelitian ini ialah penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Penelitian ini menggambarkan pembelajaran menentukan fakta dan opini menggunakan surat kabar digital. Objek penelitian ialah pembelajaran, sedangkan subjek penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik.

 

                 Dari hasil penelitian, diketahui pendidik pada tahap 1) perencanaan pembelajaran menentukan fakta dan opini menggunakan surat kabar digital kalimantan post, pendidik menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terdapat beberapa kompenen diantaranya: a) Identitias mata pelajaran, b) Kompetensi inti, c) Kompetensi dasar, d) Indikator pencapaian, e) Tujuan pembelajaran, f) Pemilihan materi ajar, g) Alokasi waktu, h) metode pembelajaran, i) Kegiatan pembelajaran (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup),  j) penilaian dan k) sumber belajar. 2) pada pelaksanaan pembelajaran menentukan fakta dan opini menggunakan surat kabar digital kalimantan post, terdapat beberapa tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi) dan kegiatan penutup. 3) pada penilaian pembelajaran menentukan fakta dan opini menggunakan surat kabar digital kalimantan post yang dilakukan oleh pendidik/guru menggunakan teknik penilaian (a) sikap, (b) pengetahuan, dan (c) keterampilan.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI