DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTASI KEHIDUPAN ANAK MERATUS DALAM FOTO JURNALISTIK PADA INSTAGRAM BOCAH MERATUS (Analisis Isi Foto Model EDFAT Periode Juni 2017 – September 2019)
PENGARANG:ILA SADARILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-07


Ila Sadarila. 2021. Representasi Kehidupan Anak Meratus Dalam Foto Jurnalistik Pada Instagram Bocah Meratus (Analisis Isi Foto Metode Model EDFAT Periode Juni 2017 – September 2019) dibimbing oleh Fahrianoor dan Siswanto Rawali.

Instagram Bocah Meratus merupakan akun media sosial yang menceritakan kehidupan anak-anak dan masyarakat meratus. Melalui foto-foto dan video yang diunggah merupakan gagasan yang positif untuk memperkaya kumpulan dokumentasi yang membagikan atau merekam jejak sisi kehidupan anak-anak meratus yang jauh dari jangkauan masyarakat umum.  Kehadiran Instagram Bocah Meratus sebagai rekam jejak yang dapat mengkomunikasikan sisi lain kehidupan manusia kepada manusia lainya, tentang kebiasaan dan budaya suatu daerah yang menyesuaikan tempat mereka tinggal, dan kondisi sosial yang jarang dipublikasikan oleh media.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Metode pengumpulan data untuk mengetahui representasi kehidupan anak meratus menggunakan observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data peneliti menggunakan Metode Model EDFAT (Entire, Detail, Frame, Angle, Time). 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa foto jurnalistik pada instagram Bocah Meratus periode Juni 2017 – September 2019 berdasarkan Metode Model EDFAT dari 20 foto yang dianalisis sebanyak 20 foto memenuhi unsur EDFAT. Berdasarkan News Value atau Nilai Berita foto jurnalistik dari 20 foto yang dianalisis sebanyak 20 foto memuat unsur informasi dan unsur kedekatan (proximity). Kemudian dari 20 foto yang dianalisis sebanyak 7 foto memuat unsur keluarbiasaan (unsualness) dan 4 foto memuat unsur kebaruan (newsness). Lebih lanjut, sebanyak 19 foto memuat unsur ketertarikan manusiawi (human interest) dari 20 foto jurnalistik pada Instagram Bocah Meratus yang dianalisis.  

 

Kata Kunci : Representasi, Kehidupan Anak Meratus, Foto Jurnalistik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI