DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPONSIF PELAYANAN PEMBUATAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:RUBY SETIYAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-08


ABSTRAK

Ruby Setiyawan, D1A115239, 2020 “ Responsif Pelayanan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong ” di bawah bimbingan Afrida Royati sebagai Pembimbing.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Responsif pelayanan pembuatan Izin Mendirikan Bangunan di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori dari Zeithaml (1990) dalam buku Hardiansyah (2018) dengan menggunakan Teori Responsif/ketanggpan dengan indikator (1) Merespon setiap pelanggan/pemohon yang ingin mendapatkan pelayanan, (2)  Petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cepat dan tepat, (3) Petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cermat, (4) Semua keluhan pelanggan di respon oleh petugas.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi dengan melakukan observasi wawancara dan dokumentasi. Adapun data primer dalam penelitian ini sebagai informannya adalah pegawai yang memberikan pelayanan dan masyarakat Kecamatan Tanta. Data sekunder dalam penelitian ini dari bahan-bahan, baik berupa buku-buku, artikel, karya ilmiah dan jurnal ilmiah.

Hasil penelitian ini adalah (1) Merespon setiap pelanggan/pemohon yang ingin mendapatkan pelayanan, pegawai Kecamatan Tanta slalu tanggap dalam memberikan pelayanan hal ini dapat dilihat dari pegawai yang ramah dalam melayani masyarakat dan tanggap dalam merespon pertanyaan dari masyarakat. (2) Petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cepat dan tepat, adanya upaya dari pegawai Kecamatan yang berusaha untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat meskipunya kenyataanya belum optimal karena pelayanan yang diberikan pegawai belum sesuai dengan SOP yang berlaku, belum lagi di tambah fasilitas yang kurang mendukung yang menyebabkan pelayanan menjadi lambat dan terhambat. (3) Petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cermat, adanya upaya dari pegawai Kecamatan yang terus berusaha untuk teliti dalam memberikan Pelayanan IMB dengan benar hal ini membuat Pelayanan terhindar dari kesalahan. (4) Semua keluhan pelanggan di respon oleh petugas, pegawai Kecamatan Tanta slalu tanggap untuk merespon keluahan-keluhan masyarakat dalam pelayanan pembuatan IMB sehingga dari pihak masyarakat bisa mengerti dan memahami dengan keadaan apabila ada gangguan atau hambatan dalam pelayanan.

Hasil penelitian ini disarankan, (1) Camat agar membuat alokasi dana untuk menambah sarana dan prasarana seperti komputer, printer, mesin generator agar pelayanan menjadi maksimal. (2) pegawai diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang belum optimal khususnya dalam hal ketepatan waktu penyelesaian sehingga dapat menumbuhkan rasa kerpercyaan kepada masyarakat. (3) masyarakat hendaknya ikut berpartisipasi aktif dalam prosesn pelayanan pada kantor Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, baik dengan cara memberikan kritik maupun  saran di kotak saran yang   sudah di sediakan.

 

Kata kunci : Responsif, Pelayanan Publik, Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI