DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEGIATAN EKONOMI DI PASAR ULIN RAYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:AHMAD HAFIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-08


Sumber Belajar berperan penting terhadap peserta didik khususnya saat proses pembelajaran, terdapat beragam sumber belajar yang dapat untuk dimanfaatkan. Satu diantaranya lingkungan sebagai sumber belajar. sumber ini masih jarang digunakan dan di eksplorasi oleh guru padahal merupakan satu cara yang efektif apabila digunakan dalam kelas. Penelitian di Pasar Ulin memanfaatkan kegiatan yang ada di Pasar ulin sebagai sumber belajar berarti menjadikan pembelajaran kontekstual.. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas ekonomi yang dilakukan pedagang dan pembeli di Pasar Ulin raya.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif, dan menggunakan metode deskriptif karena dalam penelitian ini menggambarkan bagaimana aktivitas ekonomi yang terjadi di Pasar Ulin raya. Teknik Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan teknik.

Hasil penelitian dideskripsikan dalam 3 bagian yaitu : 1) Pasar Ulin Raya terbentuk dengan adanya struktur organisasi pengelolaan pasar yang terbagi menjadi kepala UPTD, Kasubag, dan juga TU, tersedia juga sarana dan prasarana seperti tukang bersih, tempat sampah dan Musholla.juga menjelaskan manfaat dan kontribusi dengan adanya pihak UPTD. 2)  Aktivitas ekonomi di Pasar Ulin Raya terjadi antara Pedagang dan Pembeli dalam kesehariannya di Pasar Ulin Raya terjadi aktivitas distribusi barang seperti beras yang di datangkan dari berbagai daerah seperti Anjir, Gambut dan juga dari Hulu Sungai, dan juga konsumsi seperti beras yang dibeli konsumen untuk kebutuhan sehari-hari, yang didalamnya termuat permintaan dan penawaran sehingga juga termuat pula dalam proses perdagangan antardaerah dan antar pulau. Selain itu pula didalamnya juga termuat interaksi sosial 3) kegiatan ekonomi yang ada di Pasar Ulin Raya dieksplorasi secara maksimal sehingga setelah melihat beberapa kegiatan ekonomi yang terjadi dapat dimasukan kedalam sumber belajar IPS pada Materi Kelas VII semester I dalam materi distribusi, dan konsumsi, dan materi kelas VIII semester II dengan materi perdagangan antardaerah dan antar pulau, juga materi interaksi sosial kelas VII.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI