DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA SMA KELAS XI DI JURUSAN IPA DAN IPS SE KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Hj. SITI ASTICHOMAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-13


Kata kunci: perbandingan, membaca, membaca cepat, kemampuan membaca, siswa SMA kelas XI  jurusan IPA dan IPS

 

Membaca itu merupakan kegiatan berbahasa yang komplek. Komplek diartikan bahwa proses membaca itu melibatkan  berbagai  faktor  internal  dan  eksternal. Ketika seseorang sedang membaca pada hakikatnya ia sedang berfikir dan bernalar. Siswa yang mempunyai kemampuan membaca dengan baik maka akan menyerap  ilmu  pengetahuan  dengan  baik pula sedangkan kenyataan yang terjadi pada saat ini kemampuan membaca siswa masih memprihatinkan. Hal ini terlihat dari beberapa  hasil  penelitian  yang  menyatakan masih kurang maksimal kemampuan  siswa  dalam  keterampilan  membaca dan ditengah  masyarakat  masih  ada anggapan bahwa siswa  jurusan  IPA  lebih  unggul daripada  jurusan IPS. Oleh karena itu penelitian  ini  difokuskan  pada  perbandingan  kemampuan  membaca cepat siswa SMA kelas XI. Penelitian ini secara objektif  bertujuan untuk mendeskripsikan tentang 1) Tingkat kecepatan membaca siswa SMA kelas XI, 2) Kemampuan membaca siswa SMA kelas XI, 3) Perbandingan kecepatan membaca  siswa SMA kelas XI di jurusan IPA dan IPS se Kota Banjarmasin, 4) Perbandingan kemampuan membaca siswa SMA kelas XI di jurusan IPA dan IPS se Kota Banjarmasin.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas se Kota Banjarmasin yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP) di ambil secara random 6 sekolah dengan mengambil data berupa kecepatan membaca dan kemampuan membaca siswa Kelas XI di jurusan IPA dan IPS. Instrumen yang digunakan adalah teks / wacana dan untuk pemahaman isi melalui soal pilihan ganda. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif serta kesimpulan diambil berdasarkan pendekatan kuantitatif.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan membaca siswa kelas XI yaitu 161,6132 kpm rata-rata untuk siswa kelas XI jurusan IPA dan rata-rata untuk siswa jurusan IPS 157,7061 kpm. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI  jurusan IPA  kecepatan membaca lebih tinggi dibandingkan siswa kelas XI jurusan IPS dengan selisih 3,9071 kpm tetapi dalam  kemampuan membaca siswa SMA kelas XI jurusan IPA dan IPS menunjukkan hasil yang sama karena berdasarkan hasil yang diperoleh denganhasil selisihsangat kecil  yaitu 0,0849, dimana siswa kelas XI jurusan IPA kemampuan membaca 93,8768 dan kemampuan membaca siswa jurusan IPS 93,7919.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI