DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Modul Fisika Bermuatan STEM pada Materi Suhu dan Kalor untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA
PENGARANG:ARIF RIZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-10


Penelitian ini berjudul Modul fisika yang memuat Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) yang bertujuan untuk menghasilkan modul fisika bermuatan STEM yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk mengenalkan STEM dan melatihkan keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaituResearch and Development dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 berjumlah 32 orang. Hasil penelitian dari modul fisika bermuatan STEM ini menunjukkan bahwa : 1) validitas modul fisika berkategori valid dengan hasil validitas RPP berkategori sangat baik; validitas modul sangat baik; dan validitas THB sangat baik;, 2) kepraktisan modul fisika berkategori praktis dengan keterlaksanaan RPP berkategori sangat baik; 3) efektivitas modul fisika ini memiliki hasil N-gain 0,2 dengan kategori rendah; dan 4) hasil pencapaian keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul fisika bermuatan STEM yang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis, dan terbukti mampu melatih keterampilan proses sains peserta didik SMA

Kata kunci: keterampilan proses sains, modul, STEM.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI