DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI KONFORMITAS TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:NOPI ASRI WIDIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-10


 

ABSTRAK

 

 

 

Nopi Asri Widiyanti. 2020. Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mereduksi Konformitas Teman Sebaya pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Pembimbing: I). Dr. Sulistiyana, S. Pd, M. Pd (II) Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi, M.Pd

 

Kata Kunci: Teknik Sosiodrama, Bimbingan Kelompok, Konformitas Teman Sebaya

 

            Konformitas teman sebaya yang bersifat negatif memiliki dampak yang kurang baik dalam perkembangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok untuk mereduksi konformitas teman sebaya pada siswa.

 

            Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-eksperimen design dalam bentuk Quasi experiment design Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 12 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah bahan perlakuan berupa “Panduan Teknik Sosiodrama dalam layanan Bimbingan Kelompok untuk Mereduksi Konformitas Teman Sebaya pada Siswa SMA” dan instrumen pengumpulan data berupa skala pengukuran konformitas teman sebaya yang negatif.

 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pegujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus Mann- Whitneymenunjukkan bahwa diperoleh jumlah rangking Pretest = 21, 00 dan Ranking Postest = 57,00. Selanjutnya pada tabel Test Statistics baris Mann-Whitney U  diketahui nilai U 0,0 diperoleh Harga U 0,0 dan p-value = 0,004 /2 = 0,002 < 0,05 Dengan hasil kesimpulan yaitu bahwa adanya perbedaan tingkat konformitas teman sebaya sebelum dan sesudah diberikan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok. Maka layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk mereduksi konformitas teman sebaya pada siswa kelas XI di SMAN 12 Banjarmasin.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI