DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VI SDN 2 Landasan Ulin Timur.
PENGARANG:ARHAMNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-10


ABSTRAK

 

ARHAMNI, NIM.1610122210010, 2020, Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VI SDN 2 Landasan Ulin Timur. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) H. M. Kusaini (II) AR. Shadiqin

Penelitian ini bertujuan supaya mengetahui tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi distraktor pada butir soal pilihan ganda di buku paket mata pelajaran PJOK Kelas VI SDN di kota Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta teknik yang digunakan dengan pengumpulan data berkas-berkas yang ada hubungannya dengan soal pilihan ganda buku paket PJOK kelas VI SDN Banjarbaru. Soal pilihan ganda buku paket PJOK kelas VI SDN Banjarbaru berjumlah 165 soal terdiri dari uji pemahaman pelajaran 1 sampai 5, uji pemahaman tengah semester ganjil, dan uji pemahaman akhir semester ganjil sebagai subjek penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh.

Hasil penelitian ini diperoleh dari analisis butir soal pilihan berganda pada buku paket mata pelajaran PJOK kelas VI SDN 2 Landasan Ulin Timur semester ganjil yang analisisnya sebagai berikut: (1) Tingkat kesukaran soal yang berkategori “sukar” sebesar 4% (7 butir soal), “sedang” sebesar 57% (94 butir soal), dan “mudah” sebesar 37% (64 butir soal), (2) Daya beda soal yang berkategori “buruk” sebesar 19% (31 butir soal), dan kategori “baik” sebesar 81% (134 butir soal), (3) Tingkat distraktor berkategori “baik” sebesar 54,40% (359 pilihan) dan kategori “buruk” sebesar 45,60% (301 pilihan).

 

Kata Kunci : Analisis soal, Tingkat kesukaran, daya beda, dan tingkat distractor soal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI