DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Perangkat Model Pengajaran Langsung untuk Melatihkan Pengetahuan Deklaratif dan Keterampilan Pemecahan Masalah
PENGARANG:ALPIANOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-12


ABSTRAK

 

Keterampilan pemecahan masalah termasuk salah satu kompetensi di abad 21, namun keterampilan tersebut belum terlatihkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat model pengajaran langsung untuk melatihkan pengetahuan deklaratif dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick & Carey. Subjek uji coba penelitian adalah 12 peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Simpang Empat. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas lembar validasi perangkat, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respon, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pengajaran langsung termasuk valid, karena RPP, LKPD, Buku Ajar, dan THB memenuhi kriteria valid; (2) perangkat pengajaran langsung termasuk praktis, karena komponen RPP dapat dilaksanakan dengan baik; (3) perangkat pengajaran langsung termasuk efektif, ditinjau dari normalized gain pengetahuan deklaratif sebesar 0,54 berkategori sedang dan normalized gain keterampilan pemecahan masalah sebesar 0,31 berkategori sedang. Diperoleh simpulan bahwa perangkat model pengajaran langsung adalah layak untuk melatihkan pengetahuan deklaratif dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

 

Kata kunci: Pemecahan masalah, pengajaran langsung, pengetahuan deklaratif, perangkat pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI