DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional Matematika dengan Nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional Fisika Siswa SMA Negeri 3 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019
PENGARANG:IKA RAGILLIA PRAVITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-12


Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan salah satu cara untuk mengukur hasil belajar siswa selama menempuh pendidikan formal di sekolah. Dua mata pelajaran yang wajib diujikan dalam USBN adalah matematika dan fisika. Berdasarkan nilai UAS fisika siswa kelas XII IPA pada tahun 2017/2018 diketahui bahwa hanya sebesar 11% siswa yang dapat mencapai KKM sedangkan pada matematika sebesar 50% siswa dapat mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata nilai USBN matematika dan fisika, serta untuk mengetahui hubungan dan faktor yang mempengaruhi antara nilai USBN matematika dengan nilai USBN fisika. Subjek pada penelitian ini adalah peserta USBN program IPA tahun pelajaran 2018/2019 dari SMA Negeri 3 Banjarmasin yang berjumlah 113 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian korelasional. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata USBN matematika yaitu 87,49 sedangkan nilai rata-rata USBN fisika yaitu 86,07 dengan nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,059 dan berkategori sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikanantara nilai USBN matematika  dengan nilai USBN fisika yang dipengaruhi oleh kondisi sekolah dan faktor ekonomi dimana kedua faktor tersebut dapat mempengaruhi keterampilan matematika dan keterampilan pemecahan masalah siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI