DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL), MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) SISWA KELAS 5 SDN MELAYU 6 BANJARMASIN
PENGARANG:PATIMAH IRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-12


ABSTRAK

Iriani, Patimah. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Matematika Materi Volume Bangun Ruang Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Discovery Learning (DL), Means Ends Analysis (MEA) dan Course Review Horay (CRH) Siswa Kelas 5 SDN Melayu 6 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. DosenPembimbing: Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Volume Bangun Ruang, Discovery Learning, Means Ends Analysis dan Course Review Horay.           

 

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya kemampuan menghitung volume bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih abstrak dan pemilihan model pembelajaran kurang menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari dengan kombinasi model pembelajaran Discovery Learning (DL), Means Ends Analysis (MEA) dan Course Review Horay (CRH).

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 semester genap SDN Melayu 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  27 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Melalui penelitian ini, diperoleh temuan-temuan berikut. Pada aktivitas guru: (a) Guru membimbing siswa terlibat dalam pemecahan masalah, (b) Guru mendefinisikan dan mengorganisasi tugas belajar, (c) Guru mengelompokkan siswa, (d) Guru membimbing siswa mengidentifikasi masalah, (e) Guru membimbing siswa mengumpulkan data dan membuktikan hipotesis, (f) Guru membimbing siswa menganalisa dan mengevaluasi pemecahan masalah, (g) Guru membimbing siswa melakukan permainan Course Review Horay. Pada aktivitas siswa: (a) Siswa mengamati masalah yang diberikan guru, (b) Siswa menyampaikan informasi yang mereka ketahui, (c) Siswa membentuk kelompok, (d) Siswa mengumpulkan data dan membuktikan hipotesis, (e) Siswa mengidentifikasi, (f) Siswa menganalisa dan mengevaluasi pemecahan masalah, (g) Siswa melakukan permainan Course Review Horay. Pada hasil belajar: (a) Peningkatan hasil belajar disebabkan guru lebih memusatkan materi pembelajaran dan dapat megelola kelas dengan baik, (b) Pemilihan strategi, media dan model pembelajaran yang tepat sehingga meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (DL), Means Ends Analysis (MEA) dan Course Review Horay (CRH) dalam mengetahui satuan volume, mengenal volume kubus serta balok dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang di setiap pertemuannya dan telah mampu mencapai indikator ketuntasan yang telah ditetapkan, baik dari ketuntasan secara individual maupun secara klasikal.

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI