DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | BESAR PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK | |
PENGARANG | : | Mirnawati | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-03-12 |
Hasil penelitian yang menghitung besar pengaruh (effect size) dari model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik masih sangat minim dijumpai disebabkan kebanyakan dari hasil penelitian hanya sebatas mencari perbedaan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan besar pengaruh (effect size/ES) dari model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik. Prosedur penelitian meliputi tinjauan pustaka, pencarian jurnal relevan, mempelajari dan menilai jurnal, menganalisis dan menafsirkan jurnal, dan menyusun hasil penelitian. Hasil meta-analisis menunjukkan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik secara keseluruhan berturut-turut, yaitu 1,19 dan 1,09 (tergolong besar). Berdasarkan jenjang pendidikan memberi pengaruh paling besar pada jenjang SMA/MA/SMK dan SD dengan berturut-turut 1,24 dan 2,21 (tergolong besar). Serta berdasarkan materi pembelajaran berturut-turut yaitu listrik dinamis dan kelistrikan arus searah dengan 3,67 dan 1,58 (tergolong besar). Maka, dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang besar terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik.
Kata kunci: hasil belajar kognitif, keterampilan proses sains, meta-analisis, model inkuiri terbimbing
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI