DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Dinamika Proses Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Kasus Maraknya Kegiatan Percaloan Pada Dinas Pendapatan Daerah Kalimantan Selatan Di Kota Banjarmasin) | |
PENGARANG | : | FAISAL TRIA ASQALANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-03-12 |
ABSTRAK
Faisal Tria Asqalani 1610413310014, 2021, Dinamika Pelayanan Proses Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Kasus Maraknya Kegiatan Percaloan Pada Dinas Pendapatan Daerah Kalimantan Selatan Di Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Andi Tenri Sompa.
Tujuan Penelitian mengenai Dinamika Proses Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Kasus Percaloan Pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarmasin)untuk mengetahui dan menjelaskan mengapa masyarakat masih ada menggunakan jasa perantara (calo) dalam proses pembayaran pajak kendaraan bermotor, menjelaskan bagaimana proses pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan menjelaskan bagaimana langkah strategi Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Banjarmasin untuk menghimbau masyarakat dalam proses pembayaran pajak kendaraan bermotor.
Metode penlitian dilakukan dengan pendekatan Deskriftif kualitatif dengan mengeksplorasi danmemotret fenomena yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Pendekatan penelitian kualitatif yaitu ingin menggambarkan sejelas-jelasnya secara menyeluruh dan utuh tentang fenomena apa yang ingin diteliti
Berdasarkan hasil penelitian fenomena yang terjadi di lingkungan birokrasi pemerintahan maka menunjukan bahwa masyarakat masih kebingungan terhadap pelayanan yang diberikan pihak Dinas Pendapatan Daerah Kalimantan Selatan di Kota Banjarmasin. Dinamika tentang masyarakat terhadap pelayanan yang rumit sehingga masyarakat lebih banyak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui calo, sehingga fenomena kasus percaloan di Dinas Pendapatan Daerah Kota Banjarmasin sering terjadi.Peneliti mengindikasikan bahwa adanya hambatan-hambatan seperti rumitnya prosedur yang dilalui oleh masyarakat dan kurangnya pemahaman masyarakat. Jumlah calo bertambah di lingkungan birokrasi pemerintahan mengganggu kenyamanan yang ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama SAMSAT Kota Banjarmasin
Saran untuk Dinas Pendapatan Daerah SAMSAT Kota Banjarmasin agar melakukan reformasi pelayanan menghindari agar masyarakat tidak melakukan kegiatan percaloan sehingga pihak birokrasi pemerintahan menjadi bersih tanpa ada calo dan pemerintah agar lebih keras menghimbau masyarakat untuk bisa memberantas percaloan di lingkungan birokrasi pemerintahan.
Kata Kunci : Pelayanan Pajak, Percaloan, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI