DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI-NILAI DALAM KEGIATAN LATSAR CPNS BPSDM PROVINSI KALIMANTAN SELATAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS
PENGARANG:ANA MAHFUZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-15


 

Pegawai negeri memiliki peranan penting dalam mewujudkan dan mengembangkan sasaran sebuah instansi atau organisasi, untuk meningkatkan mutu dan kompetensi pegawai maka diperlukan sebuah kegiatan latihan dasar (Latsar) bagi CPNS. Latihan dasar tersebut sarat akan nilai-nilai yang terdapat selama kegiatan tersebut. Nilai-nilai yang terdapat selama kegiatan pendidikan dan pelatihan pegawai negeri dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS yang berbasis nilai. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan profil BPSDM Provinsi Kalimantan Selatan 2) Mendeskripsikan Latsar CPNS di BPSDM Provinsi Kalimantan Selatan 3) Mendeskripsikan nilai-nilai yang terdapat dalam kegiatan Latsar CPNS 4) Mendeskripsikan integrasi nilai dalam kegiatan Latsar CPNS sebagai sumber pembelajaran IPS.

 

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Selatan, wawancara dengan pegawai yang bekerja di BPSDM, panitia pelaksana kegiatan Latsar CPNS,  peserta Latsar CPNS, dan guru IPS, serta dokumentasi berupa foto-foto kegiatan Latsar CPNS. Analisis data menggunakan beberapa langkah yaitu reduksi data dari Latsar CPNS, penyajian data berupa uraian, tabel, dan gambar, serta verifikasi data dengan menarik kesimpulan.

 

Hasil Penelitian: 1) BPSDM Provinsi Kalimantan Selatan merupakan diantaranya lembaga nonformal yang melaksanakan kegiatan Diklat. Diklat yang dilaksanakan oleh BPSDM diantaranya yaitu PKP, PKA, PKN, Diklat Teknis, Diklat Fungsional, dan Latsar CPNS. 2) Kegiatan Latsar CPNS dilaksanakan selama 18 hari untuk on campus pertama, 30 hari untuk aktualisasi di tempat kerja, dan 3 hari untuk on campus kedua. Kegiatan selama Latsar CPNS diantaranya yaitu pembelajaran di kelas, outbond, tes fisik, dan Makrab. 3) Beberapa nilai yang terdapat dalam kegiatan Latsar CPNS, seperti disiplin, kerjasama, kerja keras, dan tanggung jawab. Nilai tersebut dapat dilihat dari ketepatan waktu peserta dalam mengikuti setiap kegiatan, saling bekerjasama dalam menyelesaikan beberapa tugas, mempersiapkan bahan sebelum seminar, dan bertanggung jawab sebagai peserta Latsar dengan mematuhi peraturan yang ada. 4) Nilai-nilai dalam kegiatan Latsar CPNS dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS dengan cara saat pembelajaran guru menjadikan nilai dalam kegiatan Latsar CPNS sebagai contoh nilai yang harus dimiliki oleh peserta didik dan dijadikan sebagai pedoman bertingkah laku.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI