DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS DI RUMAH KREASI TOMAT BANJARBARU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:FITRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-16


ABSTRAK

Fitriyani. 2020. Aktivitas di Rumah Kreasi Tomat Banjarbaru Sebagai Sumber Belajar IPS.Skripsi Program Studi Pendidikan IPS.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd dan Pembimbing II:Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

Rumah Kreasi Tomat Banjarbaru terklasifikasi sebagai UMKM yang dapat dijadikan tempat edukasi.UMKM tersebut terdapat aktivitas ekonomi yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.Aktivitas ekonomi dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui Profil Rumah Kreasi Tomat Banjarbaru. 2) Untuk mengetahui aktivitas di Rumah Kreasi Tomat Banjarbaru.  3) Untuk mengetahui aktivitas di Rumah Kreasi Tomat Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data triangulasi (waktu, teknik, dan sumber), member cek, dan perpanjangan pengamatan.

Hasil penelitian 1) Berdasarkan hasil penelitian Profil Rumah Kreasi Tomat merupakan UMKM yang berdiri pada tahun 2017. Usaha Mikro Kecil Menengah ini bergerak di bidang kuliner yang mendistribusikan ke beberapa ritel modern dan toko oleh-oleh. Produknya sirup tomat, permen tomat dan manisan tomat. Usaha tersebut dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga serta masyarakat yang ada di sekitar lokasi usaha. 2) Aktivitas di Rumah Kreasi Tomat Banjarbaruterdapat aktivitas ekonomi yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.Kegiatan produksi yang ada di Rumah Kreasi Tomat Banjarbaru yaitu memproduksi olahanmakanan yang bahan dasarnya tomat, produknya seperti permen tomat, sirup tomat, dan manisan tomat. Produk olahan tersebut didistribusikan melalui online seperti instagram dan shopee, toko oleh-oleh, indogrosir, serta mengikuti bazar dalam berbagai acara.UMKM tersebut memproduksi olahan makanan yang dapat dikonsumsi secara langsung. 3) Aktivitas Rumah Kreasi Tomat Banjarbaru dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS dapat dilihat dari kompetensi dasar dengan kesesuaian materi. Aktivitasnya yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan ekonomi tersebut ada dalam materi IPS kelas VII.

Kata Kunci: Aktivitas, Kegiatan Ekonomi, Sumber Belajar IPS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI