DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM BERFIKIR LOGIS MENGENAL SEBAB DAN AKIBAT TENTANG LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 26 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | SITI MARFUACH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-03-16 |
ABSTRAK
Marfuach.Siti. 2020. Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Dalam Dalam Berfikir Logis Mengenal Sebab Dan Akibat Tentang Lingkungan Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Metode Bercerita pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Banjarmasin. Skripsi S1 PG. PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr.Novitawati, S.Psi., M.Pd.
Kata kunci : Kemampuan Kognitif, Picture And Picture, Metode Bercerita
Permasalahan yang terjadi di lapangan bahwa anak pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul athfal 26 perkembangan kognitif anak masih belum mampu mengenal sebab akibat dananak jarang dilibatkan dalam dalam melakukan kegiatan pembelajaran, seringkali anak hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru dan melaksanakan tugas-tugas yang diperintahkan oleh guru, bahkan pembelajaran jarang sekali dilaksanakan melalui bermain, padahal melalui bermain anak akan merasa tanpa dipaksa sehingga mereka melakukannya dengan rasa senang dan gembira bahkan dalam bermain itu anak tidak menyadari bahwa, dia sedang belajar sehingga hasil yang akan dicapai yaitu belajar melalui bermain akan dapat mudah diterima oleh anak.
Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah BustanulAthfal tahun pelajaran 2018/2019 pada semester II dengan jumlah anak 15 orang, yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) ang dilaksanakan dengan 3 siklus. Indikator keberhasilan dalam PTK ini dinyatakan berhasil apabila aktivitas guru mencapai skor ≥ 37 dengan katagori sangat baik, aktivitas anak ≥ 82 % dengankatagori sangat baik dan capaian perkembangan kognitif anak secara individual minimal memperoleh bintang 3 dan secara klasikla ≥ 82% anak minimal memperoleh nilai 3 atau berkembang sesuai harapan.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus 1 memperoleh skor 22 dengan katagori cukup baik,siklus 2 memeperoleh skor 27 dengan katagori Baik dan pada siklus 3 memeproleh skor 33 dengan katagori sangat baik . Pada aktivitas anak pada siklus 1 memeperoleh skor 63,3 % ( cukup aktif),siklus 2 memeproleh skor 76,7 % 9 (aktif),dan pada siklus 3 memeproleh skor 91,7 % (sangat baik).Sedangkan hasil capaian bperkembangan kognitif dalam berfikir logis dalam mengenal sebab dan akibat tentang lingkungan pada siklus 1 memperoleh skor 58% ( mulai berkembang),siklus siklus2 memperoleh skor 69% 9 berkembang sesuai harapan),dan pada siklus 3 memperoleh skor 90% (berkembang sangat baik).
Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture dan Metode Berceritadapa meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas anak dalam mngembangkan kemampuan aspek kognitif anak dalam berfikir logis mengenal sebab akibat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI