DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM BERFIKIR LOGIS MENGENAL SEBAB DAN AKIBAT TENTANG LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 26 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI MARFUACH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-16


ABSTRAK

 

 

Marfuach.Siti. 2020. Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif Anak  Dalam Dalam Berfikir Logis Mengenal Sebab Dan Akibat Tentang Lingkungan Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Picture And Picture Dan  Metode Bercerita  pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Banjarmasin. Skripsi S1 PG. PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr.Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

Kata kunci : Kemampuan Kognitif, Picture And Picture, Metode Bercerita

 

Permasalahan yang terjadi di lapangan bahwa anak pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul athfal  26 perkembangan kognitif anak masih belum mampu mengenal sebab akibat dananak jarang dilibatkan dalam dalam melakukan kegiatan pembelajaran, seringkali anak hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru dan melaksanakan tugas-tugas yang diperintahkan oleh guru, bahkan pembelajaran jarang sekali dilaksanakan melalui bermain, padahal melalui bermain anak akan merasa tanpa dipaksa sehingga mereka melakukannya dengan rasa senang dan gembira bahkan dalam bermain itu anak tidak menyadari bahwa, dia sedang belajar sehingga hasil yang akan dicapai yaitu belajar melalui bermain akan dapat mudah diterima oleh anak.

Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah BustanulAthfal  tahun pelajaran 2018/2019 pada semester II dengan jumlah anak 15 orang, yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.Pendekatan  yang digunakan dalam  penelitian ini adalah pendekatan kualitatif  dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) ang dilaksanakan dengan 3 siklus. Indikator keberhasilan dalam PTK ini dinyatakan  berhasil apabila aktivitas guru  mencapai skor ≥ 37 dengan katagori sangat baik, aktivitas anak ≥ 82 % dengankatagori sangat baik dan capaian perkembangan kognitif anak secara individual  minimal memperoleh bintang 3 dan secara klasikla ≥ 82% anak  minimal memperoleh nilai 3  atau berkembang sesuai harapan.

Hasil  penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus 1  memperoleh skor 22 dengan katagori cukup baik,siklus 2  memeperoleh skor 27  dengan katagori Baik dan pada siklus 3  memeproleh skor 33 dengan katagori sangat baik . Pada aktivitas anak pada siklus 1 memeperoleh skor 63,3 % ( cukup aktif),siklus 2 memeproleh skor  76,7 % 9 (aktif),dan pada siklus 3 memeproleh skor 91,7 % (sangat baik).Sedangkan hasil capaian bperkembangan kognitif  dalam berfikir logis dalam mengenal sebab dan akibat tentang lingkungan pada siklus 1 memperoleh skor 58% ( mulai berkembang),siklus  siklus2  memperoleh skor 69% 9 berkembang sesuai harapan),dan pada siklus 3  memperoleh skor 90%  (berkembang sangat baik).

Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan  model pembelajaran Picture And Picture dan  Metode Berceritadapa meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas anak dalam mngembangkan kemampuan aspek kognitif anak dalam berfikir logis mengenal sebab akibat   dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI